Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Sumber Internet

Di zaman serba digital ini, banyak referensi informasi bersumber dari internet. Selain buku, internet kini menjadi bank data yang bisa diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja dengan mudah menampilkan apa yang ingin kita cari, apalagi menyangkut informasi penelitian yang bisa kita jadikan sumber referensi kita dalam menulis karya ilmiah. Referensi dari internet juga harus kita cantumkan di dalam penulisan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah karena ini juga menyangkut karya orang lain yang kita kutip dan kita jadikan referensi dalam sebuah penelitian atau karya ilmiah.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Referensi Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Referensi Internet

Dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah baik itu berupa karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi ataupun karya ilmiah yang terpublikasi tentu membutuhkan daftar pustaka di halam akhir dari sebuah karya ilmiah tersebut, penulisan daftar pustaka ini akan memberikan manfaat bagi pembaca atau peneliti yang membaca hasil karya ilmiah untuk menindak lanjuti karya ilmiah Anda dengan melihat sumber referensi yang Anda ambil dari berbabagi referensi begitu juga dengan referensi online yang Anda kutip dari internet.

Baca juga:

Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal, Koran dan Majalah

Sumber Referensi dari Internet


Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet ini bisa dibagi menjadi 5 bagian referensi, dan referensi tersebut adalah;


  1. Ensikopedia Online
  2. Majalah Online
  3. Surat Kabar Online
  4. Internet dan 
  5. Email

Bagaimana Menulis Daftar Pustaka Dari Sumber Referensi Online

Dari 5 Sumber referensi online tersebut, Anda bisa memilih dari mana sumber informasi Anda peroleh di Internet. Apakah dari ensiklopedia online, Majalah, surat kabar, internet atau dari email.

Untuk menjelaskan satu demi satu 5 referensi tersebut, Anda bisa ikuti penulisan sumber referensi dari sumber internet yang harus Anda tulis dalam daftar pustaka karya ilmiah Anda sebagai tanggung jawab moral atas hak kekayaan intelektual seseorang.

1. Enskiklopedia Online
Kini banyak informasi ensiklopedia online yang menawarkan informasi update mengenai berbagai disiplin ilmu yang bisa Anda kutip atau ambil sebagai teori penelitian Anda. Dan untuk menulis daftar pustaka dari sumber ensiklopedia online sebagai berikut;

Contoh;

Nama Pengarang, Nama Judul, Nama Ensiklopedia. Tahun Publikasi, Penerbit .Tanggal Akses dan Tahun < Copy URL atau Link Sumber>


Duiker, William J. "Ho Chi Minh." Encarta Online Encyclopedia. 2005. Microsoft. 10 Oct. 2005
        .


2. dan 3 Majalah Online dan Surat Kabar Online
Untuk kedua dan ketiga sama, bisa digabungkan untuk penulisan daftar pustaka dari koran dan majalah online.

Contoh;
Judul. Nama Majalah atau Surat Kabar Online, Tanggal Publiikasi. Tanggal Akses< Copy URL atau Link Sumber

"Childcare Industry 'Should Welcome Men', " BBC News Online: Education.7 June 2003. 
        10 Oct. 2005 .

4. Internet
Jika referensi Anda ambil dari internet misalnya dari sebuah blog, website Anda bisa mencantumkan URL website tersebut, biasanya sumber dari website atau blog tersebut kadang nama pengarang ada dan kadang juga tidak tersedia nama pengarang, untuk itu begini penulisannya.

Sumber artikel atau informasi dari Internet dengan Nama Pengarang

Ward, C 2004, Australian bush fires burn on, Disaster Relief, 10 January 2005, .

Sumber artikel atau informasi dari Internet dengan Tanpa Nama Pengarang

‘Space flight’ 2003, National Aeronautics and Space Administration, viewed 29 December 2007, .

5 Email
Jika informasi itu diperoleh dari email, maka penulisan daftar pustakanya seperti ini;

Nama Pengirim, Tahun, email, Tanggal email,

 Monk, L 2004, email, 14 May, .

Inti pokok dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet adalah, URL atau link akses informasi tersebut harus dicantumkan, begitu juga dengan tanggal akses, Judul, dan nama publisher yang menerbitkan informasi tersebut. Nama pengarang jika tersedia, dan pada intinya sangatlah mudah dalam penulisan Daftar Pustaka dari Referensi Internet

Begitulah penulisan daftar pustaka yang referensi nya diperoleh dari internet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menyelesaikan penelitian atau karya ilmiah Anda, silakan dibagikan jika memang ini penting dan bermanfaat.

Referensi;


Silakan beri komentar terkait konten diatas. komentar yg mengandung link akan dihapus.
EmoticonEmoticon

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner