Senin, Oktober 20, 2014

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik - Sudah mendapatkan lowongan pekerjaan yang tepat untuk Anda? Lalu tahap selanjutnya adalah menulis surat lamaran dengan baik. Bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik? Menulis surat lamaran adalah menggunakan bahasa baku atau bahasa resmi. dan untuk jelasnya ikuti tips imuzcorner dalam penulisan surat lamaran pekerjaan dengan baik.

Cara penulisan surat lamaran pekerjaan dengan baik.

1. Gunakan Bahasa Baku dalam Surat Lamaran.
Bahasa surat lamaran dalam bahasa Indonesia menggunakan bahasa baku bahasa Indonesia. Hal ini penting Anda perhatikan agar tidak salah menulis dengan bahasa tak baku.

2. Format Surat
Format Surat bisa dengan rata kiri atau rata kanan, ini terserah selera Anda dan kebiasaan dalam menulis surat. Namun seiring dengan kemajuan teknologi internet diaman seorang pelamar menulis surat lamaran melalui email dan kebanyakan format rata kiri, dimana Alamat Tujuan, Kata Penghormatan, isi surat, penutup dan Signature semua diletakkan rata kiri.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik

3. Menulis Dengan Baik dan Benar 
Menulis dengan baik dan benar adalah menggunakan bahasa yang sopan secara etika dan benar sesuai dengan tata bahasa yang baik.

4. Isi Surat Langsung, Singkat padat dan jelas
Jangan bercerita dalam surat terlalu panjang, Bagian HRD hanya butuh isi dari inti surat.

5. Melampirkan Persyaratan.
Masukkan persyaratan yang dibutuhkan didalam surat dan dokumen lampiran mendukung sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang Anda lamar. Syarat lengkap ini akan bisa membawa Anda ke langkah berikutnya yaitu wawancara kerja.

6. Desainlah dengan seunik mungkin. 
Surat lamaran kalau hanya biasa-biasa saja mungkin sudah banyak orang menulisnya namun jika unik pasti lebih diperhatikan atas usaha dan kreatifitas Anda. Ada banyak template Microsoft Office yang bia jadi pedoman. Begitu juga dengan dukungan dokumen lain seperti CV, portofolio, resume dan lain-lain.

7. Periksa kembali sebelum mengirim atau mencetak.
Sebelum mengirim Surat lamaran melalui email, coba periksa kembali tulisan Anda, apakah ada kesalah tulis, atau kata yang janggal penulisannya, perbaiki lalu kirim, begitu juga jika Anda ingin mengirim surat melalui POS, sebelum mencetak surat lamaran pastikan dulu tulisan pada surat lamaran tertulis dengan baik, apakah ada kesalahan tanda baca, tanda hubung dan-lain-lain.

Itulah Tips Menulis Surat lamaran Pekerjaan Dengan baik yang bisa menjadi referensi Anda.

Baca Juga Penulisan Daftar Pustaka Dengan Baik dan Benar
Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.