Senin, Maret 03, 2014

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Konten Blog Dicuri

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Konten Blog Dicuri

Konten Blog dicuri, apa yang harus Anda lakukan? Kejadian pencurian konten sangat sering terjadi di dunia digital saat ini. Karya kita baik berupa tulisan maupun berbentuk gambar dan video bisa saja dicuri atau dicopy oleh orang yang tidak kita kenal kemudian mereka re-post atau reproduksi kembali secara full maupun sebagian tanpa mencantumkan referensi dari pemiliknya. Tentu hal ini membuat blogger kecewa dengan keadaan ini. Namun apa yang harus dilakukan jika hasil karya Anda direproduksi kembali oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda dan tanpa memberikan sumber atau kredit ke blog atau website Anda?

Kejadian ini juga pernah saya alami, namun saya mengabaikan saja toh blog yang mencuri itu tidak aktif dalam dunia blogging. Namun ada pencurian konten yang terjadi yang benar-benar membuat saya heran, sang pencuri tidak tanggung tanggung mencuri konten full konten dicuri dengan beberapa judul post artikel persis seperti pemiliknya. Tanpa ada mencantumkan sumber, kredit, atau backlink ataupun meminta izin repost. Hal ini terjadi pada www.operatorkita.com sebagai korban, dan pencuri nya adalah http://operatorhp.blogspot.com, yang tidak malu nya lagi blog pencuri konten ini monetise blog dengan menggunakan iklan Adsense pada blog nya. Apakah begini sejatinya blogger?? Ini yang membuat kita kecewa dengan Blogger tipe pencuri konten ini, pencurian atas hak intelektual. Anda bisa lihat dari gambar yang saya screenshot dari konten original dan pencuri konten.
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Konten Blog Dicuri
Konten Original



























Pencuri Konten
Pencuri Konten Blog dari Operator Kita


So dengan masalah ini kemana kita harus mengadu jika kita berada di Indonesia dimana Peraturan perlindungan hak intelektual digital belum ada, cyber crime act kita masih lemah (koreksi saya jika salah).

Namun menurut saya,  yang harus Anda lakukan jika konten blog Anda dicuri Adalah;

1. Hubungi Pemilik Website, atau pemilik Blog

Sebaiknya kita menghubungi pihak pengelola blog atau website terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lebih jauh dengan memberitahu agar konten yang dicuri agar dihapus. Jika 1X24 JAM tidak ada respon silakan ambil tindakan kedua begitu juga jika tidak ada form kontak yang bisa dihubungi, alamat sosial media yang tidak ada, bisa ambil tindakan kedua.

2. Hubungi Webhost

Dalam membuat blog pasti ada webhosting sebagai penyedia layanan hosting. Secara hukum perusahaan hosting harus bertindak atas kasus pelanggaran hak cipta, kecuali konten Anda menggunakan creative Commons yang bisa direpost dan di republish. Anda bisa menelusuri webhost dengan menggunakan pendeteksi webhost dengan Whois Server. Dengan demikian Anda tahu siapa pemilik hosting yang melakukan pencurian tersebut. Jika webhosting tidak merespon komentar Anda maka Webhosting tersebut adalah sebagai perusahaan hosting penadah konten yang melanggar hak cipta. Seperti Blogger.com dengan domain blogspot, dan lain-lain.

Banyak Blogger memproteksi blog mereka dengan DCMA (Digital Millennium Copyright Act) untuk pencegahan bisa saja, pencurian konten Anda bisa dicuri melalui RSS Anda jika halaman web konten Anda tidak bisa dicopy. Dan lembaga DCMA ini hanya berlaku untuk warga Amerika Serikat saja, dan tidak berlaku untuk negara lain.


3. Curhat di Forum

Anda bisa membuat thread di forum yang membahas tentang kasus Anda tentu dengan kategori forum yang sesuai, siapa tahu dalam forum tersebut Anda bisa dibantu menyelesaikan masalah Anda dari orang yang lebih berpengalaman dari pada Anda. Silakan saja terbuka dengan kasus Anda tanpa harus mencaci maki sang pencuri konten.

4. Abaikan Saja

Jika pencurian tidak begitu serius mengancam keberadaan blog Anda, Anda bisa mengabaikannya saja dari pada banyak energi yang terbuang untuk membahas pencurian konten Anda dan masih banyak hal dan karya yang ingin Anda publish dari pada harus memikirkan pencurian konten blog.

Bagaimana dengan Anda? Apakah isi blog, video, gambar Anda pernah dicuri? jika Anda keberatan bagaimana cara Anda dalam meyelesaikan masalah ini. Silakan beri komentar tentang apa yang harus Anda lakukan jika konten Anda dicuri!.
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Konten Blog Dicuri
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.