Kamis, Juli 27, 2017

Usaha Sampingan dari YouTube, Begini Cara Memulainya

Usaha Sampingan dari YouTube, Begini Cara Memulainya

Pernahkah Anda melihat iklan ditampilkan di video YouTube? Jika Anda pernah menonton YouTube pasti Anda pernah melihat iklan di video YouTube. Nah sekarang itulah menjadi pembahasan imuzcorner dimana dari video YouTube bisa menjadi usaha sampingan. Lalu Bagaimana Cara usaha sampingan dari YouTube? 
YouTube sebagai Tempat Usaha Sampingan

YouTube adalah milik perusahaan Google yang memberikan layanan hosting video sebagai website video sharing dimana semua orang bisa mengupload video dan membagikannya kepada orang lain. Setiap bulannya ratusan juta orang mengakses layanan video sharing Google ini. Nah ini adalah suatu peluang bisnis untuk menjadikan YouTube sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Kalau dalam istilah keren saat ini, dimana sesorang yang bekerja mengupload konten video ke YouTube dan me-monitize dari konten video tersebut VLogger, atau Video Blogger. Dan biasanya konten video yang disajikan juga berupa tips dan cara bagaimana melakukan sesuatu aktivitas yang sebelumnya banyak orang yang tidak mengetahui, seperti video konten DIY atau Do It Yourself, video review tentang suatu produk yang ingin disharing kepada publik, dengan harapan semakin banyak video ditonton tentu semakin banyak view ikan yang didapat yang tentunya akan menghasilkan Dollar. Tertarik?? Simak ulasan bagaimana memulai bisnis konten video YouTube atau menjadi VLogger. Simak Ulasannya sebagai berikut;

Tahapan yang harus Anda lakukan untuk menjadi VLogger

1. Buat Akun YouTube

Langkah Awal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha sampingan di YouTube adalah membuat akun YouTube, jika sudah punya Gmail, Google Mail tidak perlu daftar di YouTube lagi, langsung login menggunakan alamat Gmail dan password gmail Anda.

2. Buat Channel atau Buat Saluran YouTube.

jika Anda ingin membuat berbagai saluran atau channel dengan satu akun, misalnya Anda membuat saluran "Video CCTV" atau saluran "Sepak Bola Lucu" atau "Kucing-Kucing Lucu" di YouTube. Tergantung passion atau hobi Anda bisa dishare melalui Video Youtube. Misalnya Anda punya hobi mancing Anda bisa buat channel Hobi Mancing, atau punya passion di Kuliner Anda bisa membuat channel tentang menu masakan yang langsung Anda sebagai chef nya dan tentunya Anda rekam menjadi sebuah video dan melalui proses editing biar lebih Eyecatching. 

3. Verifikasi Saluran Video YouTube.

Setelah membuat Saluran verifikasi dengan memasukkan nomor HP Anda dan pilih "Kirimi Saya Pesan berisikan Pesan Verifikasi" setelah itu Kirim, tidak hanya berhenti disitu, Anda akan mendapat kiriman SMS verifikasi kemudian masukkan kode verifikasi tersebut dan kirim kembali, sehingga saluran Anda terverifikasi dengan sukses.

4. Kemudian Lanjutkan Mengupload Video di Channel Youtube.

Jika Anda punya video yang lucu, aneh, dan hal-hal unik lainnya Anda bisa upload ke ke akun YouTube Anda berdasarkan saluran yang Anda buat tadi. 
Setelah mengupload 1 video dengan sukses Anda bisa masuk ke tahap membuat YouTube sebagai Usaha Sampingan Anda.

Namun beberapa tahan terakhir, Vlog melalui YouTube menjadi booming  sehingga YouTube meningkatkan syarat sebagai mitra tidaklah segampang yang dibayangkan, paling tidak harus ada sekitar 1000 Subcriber channel kita kemudian harus melewati 4000 Jam tayang atau 4000 jam yang ditonton selama setahun dari video yang kita upload, gampang-gampang susah memang, kalau punya video keren, original dan menghibur bisa saja dalam video tersebut viral seringa meraup view juragan viewer sehingga ambling batas sebagai syarat menjadi mitra YouTube menjadi sangat gampang.

Tipsnya, upload lah video original, dan tidak atas karya orang lain, baik itu video, atau soundtrack video berupa lagu, musikal tanpa pelanggaran hak cipta agar bisa diterima menjadi Mitra YouTube. Ini Penting, plagiat akan disingkirkan oleh Google. Catat!

5. Mendaftarkan Jadi Mitra YouTube.

Nah inilah inti dari Judul Usaha Sampingan dari YouTube, setelah mengupload video original dan berkualitas, maka Anda bisa mendaftarkan diri Anda menjadi Partner atau mitra YouTube dimana YouTube akan menampilkan iklan di video saluran YouTube Anda. Dan Anda akan dihubungkan dengan Google Adsense dimana Anda mulai memonetisasi video YouTube, isi biodata Anda dengan lengkap dan valid, dan kirim permohonan Anda mendaftar sebagai mitra YouTube melalui Google Adsense.
monetisasi YouTube menjadi Usaha Sampingan

Sambil menunggu persetujuan dari Google Adsense, Anda cari ide dulu video apa yang ingin Anda upload agar ditonton banyak orang apabila nanti disetujui maka iklan yang ditampilkan di Saluran video YouTube Anda akan ditonton dan di klik banyak orang otomatis hasil Dollar akan mengalir ke Akun Google Adsense Anda. 
Untuk disetujui sebagai mitra YouTube, pihak Google akan mereview akun dan video Anda, paling lama seminggu pihak Google Adsense akan mengirimkan hasil apakah disetujui atau tidak menjadi mitra YouTube. Nah jika disetujui, maka Anda sudah berhasil menjadi mitra YouTube, dan Google Ads mulai memasang iklan di Video saluran YouTube Anda.

6. Memasang Iklan di YouTube.

Setelah disetujui menjadi mitra YouTube, saatnya mencari uang dari usaha sampingan YouTube, ada tiga jenis format iklan yang akan Anda pasang di Video saluran YouTube Anda. 
usaha sampingan YouTube

1. Format Iklan Hamparan video
2. Format Iklan True View dalam aliran
3. Format Iklan video berisi iklan produk

Anda bisa memilih format iklan tersebut yang akan ditempatkan di video Anda. Dan jika Video Anda berhasil dimonetise atau terpasang iklannya, maka Anda bisa melihat di Pengelola Video dan jika Anda melihat tanda Hijau dengan simbol Dollar maka Anda berhasil memanfaatkan YouTube sebagai media untuk usaha sampingan. 

Agar berhasil menjadikan YouTube sebagai bisnis sampingan, buatlah video sebanyak-banyaknya, dan jangan asal membuat video, namun harus berkualitas agar diminati penonton YouTube, dan semakin banyak ditonton semakin banyak Dollar yang Anda hasilkan melalui iklan yang tampil di video Anda.

Mungkin banyak orang yang belum tahu cara menghasilkan uang dari YouTube sebagai usaha sampingan (Mohon Bantuannya untuk di share ke sosial media) dimana mampu menghasilkan uang 2 sampai 10 Dollar per hari untuk pemula. Bahkan bisa lebih dari itu kalau Anda menggeluti usaha online ini dengan serius bukan hanya sekedar usaha sampingan. Bisa dikalkulasikan dan diasumsikan seperti ini;

Buat 5 Channel/Saluran
Upload 50 Video Masing-masing channel 10 Video
1 Video menghasilkan 0,5 Dollar perhari DIKALIKAN 50 Video = 25 Dollar Perhari, itu hitungan standart
Coba 1 video menghasilkan 0,1  Dollar Perhari Dikali 50 Video = 5 Dollar Perhari hitungan terendah, dan semua tergantung penonton saluran YouTube Anda, semakin banyak penontonya semakin tinggi pula penghasilan Anda. Mudahkan?? Hahaha tak semudah itu Romeo!! Intinya mulailah belajar dari sekarang!

Ayo buat Usaha sampingan dari YouTube, jangan hanya jadi penonton saja, buat video kreasi Anda upload ke channel Anda, jadikan Video Anda menghasilkan uang untuk Anda. Mudahkan??? Mulailah usaha sampingan dari YouTube dari sekarang!!



Usaha Sampingan dari YouTube, Begini Cara Memulainya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

5 comments

Tulis comments
avatar
27 Januari 2014 pukul 10.06

Nice Share... Thanks for post

Reply
avatar
18 Januari 2015 pukul 08.43

mau tanya gan kalau 1 akun adsene bisa dipakai berpa saluran youtube? kalau di blog 1 akun adsene bisa dipakai 500 blog kalau di youtube bisa berapa gan? terima kasih sebelumnnya

Reply
avatar
18 Januari 2015 pukul 16.31

Boleh juga sebanyak-banyaknya hanya jika verifikasi harus dengan nomor HP berbeda meskipun dalam satu email. jika tidak verifikasi maka durasi video yg kita upload maksimal 15 menit saja :)

Reply
avatar
9 Agustus 2015 pukul 02.23

agan mau tnya ne,,saya buat 2 channel di you tube dalam satu email,, tetapi ketika saya masuk akun adsense saya tampilan laman yang di hitung hanya satu cahnnel saja,,
mohon solusinya,,

Reply
avatar
27 November 2016 pukul 04.45

Daftarkan kembali chanel yang baru ke adsense begitupun seterusnya. Semoga membantu

Reply