Rabu, Desember 11, 2013

Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO

Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO

Struktur URL (Tautan) pada Judul Blog di Blogger

Sejak berubahnya tampilan Blogger menjadi tampilan baru (New Interface) para pengguna Blogger sudah bisa mengedit URL atau tautan pada judul blog post yang ingin kita posting, ada dua pilihan tersedia, ada Tautan Permanen otomatis (Aoutomatic Permalink) dan Tautan Permanen Khusus (Custom Permalink), ini bisa Anda edit sesuka hati Anda, namun pertanyaanya apakah URL Judul Blog Panjang Atau URL Pendek Lebih SEO di Blogger? Disini ada dua pilihan URL panjang atau Tautan Panjang atau URL Pendek pada judul blog. Mari kita bahas satu per satu mengenai URL Panjang dan pendek pada Blogger dan pengaruhnya terhadap SEO yang imuzcorner rangkum dari berbagai sumber master SEO dan expert blogger.
Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO


Pengaruh SEO pada URL Panjang atau Tautan Panjang (Long URL) 


URL atau tautan judul blog yang panjang biasanya melebihi 66 Karakter huruf dan Angka, karena idealnya, judul blog atau URL blog yang baik terdiri dari 66 karakter dan lebih SEO Friendly. Namun bagaimana URL yang panjang melebihi 66 Karakter untuk sebuah judul blog apa pengaruhnya terhadap SEO?

Sebenarnya URL atau tautan yang panjang pada URL Judul blog tidak ramah SEO untuk sebuah blog, karena tampilan URL untuk judul yang panjang akan di rayapi (Crawling) oleh Google Boot dan mengidentifikasi URL judul tersebut dan hasilnya akan terlihat di mesin pencari jika sudah terindex oleh Google, URL yang panjang atau terlalu panjang juga akan terlihat di meta tag blog Anda, jika Anda menggunakan keyword yang panjang untuk kepentingan SEO blog ada baiknya bisa dipersingkat dengan keyword utama saja, karena akan berdampak buruk bagi blog Anda.

Menurut The Moz Blog, dalam tulisannya  Should I Change My URLs for SEO?Secara strruktur URL mungkin bisa saja dengan URL panjang dengan penerapan keyword yang panjang, namun dampak dari penggunaan URL yang panjang akan tidak terlihat secara keseluruhan di mesin pencari dan juga akan terpotong waktu Anda share di sosial media, susah untuk dihapal dan diingat oleh orang, ketika seorang ingin melakukan copy link dari URl blog panjang Anda ada yang terpotong, dan secara tidak langsung ini akan merugikan blog Anda.

Jadi kesimpulan URL Blog Panjang tidak menguntungkan Blog Anda walaupun secara SEO sah-sah saja namun secara penggunaan kurang baik dan tidak ada nilai tambah untuk SEO value Anda.

Pengaruh SEO pada URL Pendek atau Tautan Pendek (Short URL) 

Short URL atau tautan pendek memang lebih SEO dari pada URL panjang pada blog post. Tautan Pendek dalam artian tidak hanya mementingkan keyword, misalnya keyword "iPhone", maka URL Blognya http//: contoh.com/2013/11/iphone, secara SEO untuk mesin pencari memang baik, namun untuk pengguna (manusia) itu kurang human, karena blog dari tulisan Anda ditulis untuk dibaca oleh orang banyak dan bukan semata-mata untuk mesin pencari. Mesin pencari hanya memediasi hasil tulisan dalam blog Anda kemudian user mencari melalui mesin pencari dengan menampilkan hasil yang terbaik. 

Tautan pendek idealnya 66 karakter untuk sebuah judul blog, karena akan terbaca di mesin pencari, dan ini akan berdampak positif terhadap hasil tulisan Anda dalam sebuah blog di blogger. Dan dalam tulisan judul yang menjadu URL tersebut sudah termasuk Keyword dan tambahan kata arah keyword tersebut. Dan ini akan menjadi URL yang baik untuk optimasi SEO khususnya SEO tautan Anda. 

Kesimpulan URL pendek lebih SEO untuk sebuah blog dimana semua URL akan terbaca di mesin pencari, tanpa melupakan keyword dalam URl tersebut dan beberapa tambahan kata sebagai penjelas arah judul tersebut dan terstruktur dengan baik

Clean URL adalah Solusi Untuk SEO dan Usability

Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO

Pada blog Woorank dalam tulisan dari judul "A Guide to Clean URLs for SEO and Usability" menjelaskan bahwa URl yang bersih adalah URL yang mudah dibaca tidak mengandung 
query string atau parameter URL. Jadi jelas URL yang banyak mengandung string dan parameter yang tidak jelas akan tidak diklik oleh pengguna mesin pencari dari pada URL yang singkat, padat dan jelas dibaca. Proses indexing pun akan lebih mudah jika URL blog judul Anda lebih mudah dibaca, singkat padat dan jelas dari pada panjang dengan berbagai kata penghubung dan juga string yang terdapat pada judul URL blog. Jadi kesimpulannya, URL Bersih akan mudah dibaca oleh pengguna mesin pencari, dan proses index pun lebih cepat dan mudah, inilah keuntungan Clean URL. 

Kesimpulan dari Judul diatas Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO, Anda bisa simpulkan sendiri dari pembahasan untuk meningkatkan SEO blog Anda. 

Baca juga Cara Terbaik Menulis Judul Blog SEO Friendly
Pengaruh URL Judul Blog Panjang dan Pendek Pada SEO
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.