Rabu, Desember 18, 2013

Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar

Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar

Pengertian Makalah 

Penulisan makalah yang baik dan benar harus lah sesuai dengan standar makalah Bahasa Indonesia. Penulisan makalah yang baik dan benar tidak lah sesulit menulis penulisan skripsi. Makalah hanyalah berupa karya ilmiah sederhana namun tetap membutuhkan tata cara penulisan makalah yang baik dan benar. 
Penulisan makalah Menurut Rasyid Sartuni, SS., M.A Dalam buku Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Maharini Press 2000, menjelaskan bahwa, Makalah dibagi menjadi dua, Makalah Tugas (Term paper) dan makalah presentasi (working paper) 

Cara Penulisan Makalah Yang Baik Dan benar
Makalah Tugas atau Term Paper atau karya ilmiah sederhana yang biasanya dibuat oleh pelajar dan mahasiswa untuk bahan penambahan penilaian dan juga bahan diskusi kelompok. Penyajiannya pun lebih sempit kepada topik pembahasan tertentu dan tidak terlalu umum, namun penyajian tulisannya menggunakan teknis penulisan ilmiah. Sedangkan makalah presentasi (working paper) berupa karya ilmiah yang disajikan kepada publik seperti seminar, simposium. Dan penulisan makalah jenis ini biasanya ditulis oleh para ahli yang punya disiplin ilmu khusus di bidangnya. 

Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar

Penulisan Makalah diambil dari  tiga sumber;
1, Pengamatan (Obeservasi)
2, Percobaan, (experimen)
3, Dan penelitian (studi Pustaka)

Anda bisa memilih salah satu dari 3 sumber tersebut untuk menulis makalah sebagai sumber data yang ingin Anda tulis dalam bentuk karya ilmiah sederhana, ini akan memudahkan Anda untuk menulis makalah lebih spesifik.  

Format Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar


Pada dasarnya penulisan makalah sebagai karya ilmiah sederhana hanya menulis 5 sampai 20 lembar halaman saja. Dalam penulisan makalah pun lebih bersifat explositoris dan deskriptif. Dalam penulisan Format makalah tidak sebanyak penulisan skripsi, Format penulisan makalah yang baik dan benar hanya terdiri dari tiga Bab, dan penambahan Sub-Bab agar lebih memudahkan menulis berdasarkan sub judul.
Judul Makalah
Daftar Isi 
Kata Pengantar
Bab Pendahuluan
Bab Pembahasan / Isi
Bab Penutup
Daftar Pustaka

Dalam Bab Pendahuluan Anda harus membuat Sub-Bab dari Bab Pendahuluan, dalam sub-bab dari Bab Pendahuluan Anda bisa menulis 
I.1 Latar Belakang Masalah dan permasalahannya
1.2 Tujuan dan manfaat Penulisan
1.3 Ruang Lingkup Masalah
1.4 Landasan Teori 

Bab II. Pembahasan
II.1 Isi Pembahasan
II.2 Temuan dari masalah
II.3. Hasil dari penulisan 
II.4 Dan setereusnya jika dianggap penting menambah sub-bab

Bab III Kesimpulan dan Saran 

III. 1 Kesimpulan
III.2 Saran

Dari format penulisan ini Anda jadi lebih mudah menulis satu persatu dari bab pendahuluan sampai kesimpulan. Dengan format penulisan ini hasil makalah Anda tertata dengan baik dan orang lain untuk membaca karya ilmiah Anda. 

Sebagai Tambahan Anda harus menambah Kata Pengantar diawal sebelum masuk ke Bab Pendahuluan, dan juga Daftar Isi makalah Anda. Begitu juga dengan menulis daftar pustaka diakhir makalah Anda. Jika Ada lampiran dari makalah Anda, Anda bisa cantumkan diakhir setelah daftar pustaka. 

Ragam Bahasa Tulis dalam Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar


Dalam penulisan makalah hendaknya harus menggunakan ragam bahasa tulis  yang mengandung kejelasan, kelugasan, komunikatif, objektif dan ketelitian. Kelima ragam tulis karya ilmiah ini harus diterapkan dalam penulisan makalah yang baik dan benar.

Kejelasan dalam makalah penggunaan kaidah bahasa yang benar, terutama pada kalimat harus jelas terstruktur. 
Kelugasan, dalam penulisan makalah haruslah lugas jangan menulis kata-kata yang menimbulkan keraguan, seperti kata mungkin, atau kata bermakna ambiguitas.
Komunikatif adanya kelogisan hubungan kalimat dan paragraf
Objektif dalam penulisan makalah haruslah valid, baik untuk studi pustaka maupun materi yang ditulis.
Ketelitian harus dalam menulis makalah, seperti penulisan ejaan, penulisan istilah, singkatan, akronim, dan pungtuasi.
Semoga penulisan makalah yang baik dan benar ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menyelesaikan karya ilmiah sederhana berupa makalah tugas kuliah. 
Penulisan Makalah Yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.