Minggu, November 10, 2013

Cara Mensiasati Desain Rumah Dengan Budget Rendah

Cara Mensiasati Desain Rumah Dengan Budget Rendah

Desain Rumah

Ingin bangun rumah idaman? Ada banyak desain rumah tersedia di internet, namun bagaimana jika membangun rumah dengan desain sendiri dengan budget rendah? Untuk membangun rumah, desain rumah adalah tahap awal dalam menentukan biaya membangun rumah, termasuk biaya bahan bangunan, ongkos tukang atau pemborong dan biaya tak terduga lainnya yang perlu Anda persiapkan. Namun bagaimana mendesain rumah Anda jika budget Anda rendah. Untuk mendesain rumah dengan budget rendah, desain saja rumah Anda sesuai budget yang ada. Misalnya budget Anda untuk Membangun rumah hanya 60 Juta. Anda bisa mendesain rumah Anda type 36 atau 45, yang nantinya Anda bisa konsultasikan kepada tukang Anda berapa biaya bahan bangun dan ongkos berdasarkan desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Ada beberapa tips untuk mendesain rumah jika Anda ingin membangun rumah, berikut tips mendesain rumah.

Tips Desain Rumah Dengan Budget Rendah

Adapun tips mendesain rumah jika budget pas-pasan untuk Anda adalah sebagai berikut;

Desain Rumah Sesuai Budget

Budget adalah hal penting untuk membangun rumah, dan untuk menyesuaikan budget Anda membangun rumah maka sesuaikan pula dengan pola desain rumah Anda yang ingin Anda bangun.

Buat Desain rumah Anda Sendiri

Untuk mendesain rumah Anda sendiri, Anda bisa membuat sketsa gambar rumah berupa denah rumah yang ingin Anda bangun. Untuk mendesain rumah, Anda bisa menggunakan pensil dan kertas dan penggaris. Atau jika Anda mahir dalam menggunakan komputer Anda bisa mendesain rumah dengan software desain rumah yang sangat mudah digunakan.

Konsultasikan Biaya Bangun Rumah dari Desain rumah Kepada Tukang Atau Pemborong


Jika desain rumah Anda selesai, rumah desain yang Anda buat bisa langsung Anda konsultasi kan ke pemborong untuk menghitung biaya bahan bangunan dan ongkos bangunan rumah Anda. 

Misalnya desain rumah Anda seperti yang saya buat untuk desain rumah 6X11 M dengan budget rendah, lihat gambar
Denah Rumah

Mensiasati Bangun Rumah dengan Budget Rendah

Dari hasil konsultasi Anda ke pemborong, maka Anda akan tau gambaran harga bahan dan biaya ongkos pembangunan rumah.  Namun bagaimana jika ternyata biaya Anda tidak mencukupi? Anda bisa konsultasikan kembali kepada tukang atau pemborong tersebut untuk bernegosiasi mengenai ongkos membangun rumah Anda, misalnya negosiasi harga jika dikurangi biaya finishing bangunan rumah, tanpa mengecat rumah, tanpa memasang keramik terlebih dahulu, namun jika budget masih tidak mencukupi negosiasi lagi dengan mengurangi pekerjaan tukang agar ongkos dikurangi namun rumah tetap terbangun walaupun belum 100% selesai dan bisa ditempati. Itu lebih baik dari pada mengurangi biaya bahan bangunan. Misalnya untuk mengurangi budget Anda untuk membangun rumah, Anda tidak menggunakan besi bertulang pada tiang beton Anda, atau mengurangi semen untuk pondasi dan lain sebagainya, ini sangat berisiko untuk Anda tempati kelak jika rumah sudah siap. Karena bisa saja rumah Anda miring, retak atau ada gempa bumi terjadi. Sebaiknya mensiasati bangun rumah dengan desain seuai kemampuan Anda, jika masih kurang biaya, lebih baik mengurangi pekerjaan tukang dari pada mengurangi bahan untuk bangunan rumah Anda. 

Solusi lain untuk membangun rumah dengan budget rendah dari desain rumah Anda, Anda bisa memperkerjakan tukang harian, yang dibayar perhari, dan ini sangat memerlukan energi ektra karena Anda harus mengontrol mereka bekerja. 

Semoga desain rumah dengan budget rendah menjadi solusi bagi Anda untuk membagun rumah. 

Baca Juga;
Cara Mensiasati Desain Rumah Dengan Budget Rendah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.