Kamis, November 21, 2013

Penulisan Catatan Kaki Yang Baik dan Benar

Penulisan Catatan Kaki Yang Baik dan Benar

Pengertian Catatan kaki

Catatan kaki sering Anda jumpai dalam membaca sebuah buku, tulisan, makalah, skripsi atau karangan ilmiah lainnya. Pengertian catatan kaki Menurut PROF. DR. Gorys Keraf dalam bukunya KOMPOSISI Terbitan Nusa Indah, Catatan kaki adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan. Catatan kaki bukan lah semata-mata dimaksudkan untuk menunjuk sumber tempat terdapatnya sebuah kutipan, tetapi bisa digunakan untuk memberi keterangan-keterangan lain terhadap teks. Hubungan catatan kaki dengan teks dijelaskan dengan nomor-nomor penunjukan yang sama baik terdapat pada teks maupun yang terdapat pada catatan kaki itu sendiri.

Tujuan Penulisan Catatan kaki Yang Baik dan Benar


Masih menurut Prof. DR. Gorys Keraf, Adapun tujuan penulisan catatan kaki adalah;

  • Untuk menyusun Pembuktian
Dalam penulisan catatan kaki salah satu tujuannya adalah untuk menyusun pembuktian, dimana seorang penulis memberikan keterangan tambahan melalui footnote untuk membuktikan tempat atau sumber dimana suatu kebenaran telah dibuktikan oleh orang lain.
  • Menyatakan Utang budi
Dalam penulisan catatan kaki, khususnya dalam penulisan karya ilmiah, memberikan utang budi atau istilah sekarang "credit" kepada pengarang yang telah dikutip pendapatnya. Tujuan ini juga menjaga hak intelektual orang lain dengan mencantumkan nama pengarangnya.
  • Menyampaikan Keterangan Tambahan
Catatan kaki bisa juga bertujuan untuk menyampaikan keterangan tambahan untuk memperkuat uraian di luar persoalan atau garis-garis yang diperkenankan oleh laju teks. 
  • Merujuk Bagian lain dari teks
Catatan kaki dapat dipergunakan untuk menyediakan referensi kepada bagian-bagian lain dari tulisan itu. Dalam hal ini, penulis misalnya memberi catatan untuk melihat atau memeriksa uraian pada halaman atau bab lain sebelumnya, atau halaman-halaman atau bab lain yang akan diuraikan kemudian. begitu juga penunjukan kepada Apendiks atau lampiran harus melalui catatan kaki. 

Singkatan-Singkatan Dalam Penulisan Catatan Kaki Yang Baik dan Benar


Dalam catatan kaki yang biasa Anda lihat dalam buku-buku, naskah, ataupun karya ilmiah banyak terdapat singkatan-singkatan yang membuat bingun maksdud dari singkatan itu. Karena hampir semua singkatan itu menggunakan bahasa latin yang hampir semua orang tidak paham maksudnya; berikut singkatan-singkatan yang sering digunakan dalam buku atau naskah;

ibid. adalah singkatan berasal dari bahasa latin ibidem yang berarti pada tempat yang sama. Singkatan ini digunakan jika catatan kaki yang berikut menunjuk kepada karya atau artikel yang telah disebut dalam catatan nomor sebelumnya, bila halamannya sama maka digunakan ibid. saja namun jika halamannya berbeda maka sesudah ibid. dicantumkan nomor halaman.

Op.Cit. Singkatan dari Opere Citato yang artinya karya yang sudah dikutip. Singkatan ini digunakan untuk merujuk kembali kepada sumber yang telah disebutkan sebelumnya tetapi diselingi oleh sumber lain.

Loc. Cit. Singkatan berasal dari bahasa Latin Loco Citato yang artinya pada tempat yang telah dikutip. Singkatan ini digunkan untuk menyebut atau merujuk kepada sebuah artikel majalah, harian, ensklopedia yang telah disebut sebelumnya.

supra diatas artinya sudah terdapat lebih dulu teks yang sama
infra dibawah artinya lihat pada artikel yang sama dibawah
Cap atau Chap Singkatan dari Caput atau Chapter yang berarti bab
Ed. Singkatan dari editor atau edisi
et.al. singkatan dari et alii yang artinya dan lain-laindipakai untuk menggantikan nama pengarang yang tidak disebutnkan namanya.
et seq. atau et seqq singkatan dari et sequens atau et sequentes dipakai sesudah menyebut nomor halaman
Ms. Manuscript atau naskah
Passim artinya tersebar disana sini. Dipakai untuk menyatakan bahwa bahan yang dipergunakan atau yang dimaksud tersebar pada suatu majalah atau tempat tertentu.
terj. Terjemahan, biasanya digunakan untuk menunjukkan sumber dari hasil terjemahan
cf. atau conf. confer berarti bandingkan, atau bandingkan dengan
Vol. atau Volume atau jilid.

Cara Menulis Catatan Kaki dan Contoh Catatan Kaki Yang Baik dan Benar

Cara menulis catatan kaki berkaitan erat dengan teks pada halaman yang sama, ada banyak contoh catatan kaki untuk setiap jenis referensi dan catatan catatan lainnya, untuk lebih lengkapnya Anda bisa lihat Buku KOMPOSISI karangan Prof. DR. Gorys Keraf di Halaman 200. Maaf Tidak bisa saya tulis semua karena ada 6 halaman banyaknya beserta contohnya.

Teknik dan sistematika Penulisan Catatan Kaki 

Teknik penulisan catatan kaki dari buku
  • Nama pengarang (editor, penterjemah), ditulis dalam urutan biasa, diikuti koma (.).
  •  Judul buku, ditulis dengan huruf kapital (kecuali kata-kata tugas), digarisbawahi.
  •  Nama atau nomor seri, kalau ada.

Teknik penulisan catatan kaki Dari Publikasi
  • Jumlah jilid, kalau ada
  • Kota penerbitan, diikuti titik dua ditulis
  • Nama penerbit, diikuti koma di antara.
  • Tahun penerbitan. tanda kurung
  • Nomor jilid kalau perlu.
  • Nomor halaman diikuti titik (.)

Teknik penulisan catatan kaki dari Majalah, Harian
  • Nama pengarang.
  • Judul artikel, di antara tanda kutip (“…”).
  • Nama majalah, digarisbawahi.
  • Nomor majalah jika ada.
  • Tanggal penerbitan.
  • Nomor halaman.
  • Catatan Kaki Singkat
Penulisan dengan singkatan bahasa asing
  • Ditulis dengan tulisan miring atau italic, seperti ibid, supra, atau terj, lihat kembali istilah singkatan dalam catatan kaki

Sistematika Penulisan Catatan Kaki

  • Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks
  • Catatan kaki diketik berspasi satu.
  • Diberi nomor.
  • Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.
  • Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri).
  • Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.
  • Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.
  • Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki.
  • Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.
  • Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keteranganop.cit., lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya.
  • Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.
  • Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik.
  • Sumber yang lengkap tercantum di dalam daftar kepustakaan. Untuk skripsi/teks sumber dinyatakan dalam bentuk catatan kaki.

Contoh Catatan Kaki Yang Baik dan Benar

Contoh Catatan Kaki seperti gambar dibawah;
Penulisan Catatan Kaki Yang Baik dan Benar

Pada dasarnya catatan kaki dan daftar pustaka sama saja dari sisi referensinya, karena bab referensi, Catatan kaki dan penulisan Daftar pustaka dibahas berbarengan dalam buku Bahasa Indonesia. namun ada sedikit bedanya cara penulisan dan penekanannya, dalam referensi catatan kaki, selalu mencantumkan nomor halaman dan tidak dalam daftar pustaka. Dalam penekannanya catatak kaki membuat tanda nomor di tulisan dan referensi penjelasannya di halaman yang sama, sedangkan daftar pustaka atau bibliografi semua sumber referensi diletakkan diakhir bab atau diakhir tulisan. 

Semoga penulisan catatan kaki ini sedikit membantu Anda, walaupun tidak secara keseluruhan saya tulis disini, namun hanya intinya saja. Tulisan ini saya publish untuk Anda yang sedang menulis karya tulis yang membutuhkan referensi cara penulisan footnote. Silakan share informasi ini jika menurut Anda bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Terima Kasih.

Baca juga Penulisan catatan kaki di Microsoft Office dan  penulisan makalah yang baik dan benar
Sumber tulisan Buku Komposisi, Gorys Keraf dan http://fahran77.wordpress.com/2011/11/25/makalah-bahasa-indonesia-kutipan-catatan-kaki-daftar-pustaka/

Penulisan Catatan Kaki Yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.