Senin, September 01, 2014

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Otodidak
Belajar Bahasa Inggris tidaklah sesulit Anda membayangkan nya. Jika Anda belajar bahasa Inggris dan menganggap belajar bahasa itu susah, Anda salah besar, mungkin ada yang salah dalam cara belajar bahasa Inggris atau tidak seriusnya Anda dalam menggunakan bahasa yang Anda pelajari. Belajar Bahasa sama seperti belajar mendengar, kita bisa contohkan saja Anak kecil dalam mengucapkan bahasa yang mereka dengar dari lingkungannya, dari Ibu, Bapak, Adik atau kakak, Anak kecil akan mendengar dan kemudian mereka mengucapkan apa yang mereka ucapkan hasil dari apa yang mereka dengar terkadang salah, terkadang tidak pas dan susah dimengerti,  toh kita juga dulu seperti itu, dan sekarang bisa lancar bahasa Indonesia, karena lingkungan kita berbahasa Indonesia. Begitulah beajar bahasa. Dan bukan Belajar GRAMMAR terlebih dahulu. Sebagai fakta saja, tidak semua orang Inggris yang merupakan bahasa ibu mereka adalah bahasa Inggris paham betul dengan Grammar Bahasa Inggis, begitu juga dengan Bahasa Indonesia, tidak semua orang Indonesia mampu dan paham tentang tata bahasa yang baik dalam berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Kesalahan Pertama
Sejak awal saya belajar bahasa Inggris di Sekolah Dasar,  cara belajar Bahasa Inggris waktu SD pun sudah salah, Guru langsung mengajarkan Grammar, setelah Anda bisa membaca abjad dan hitungan (Numbers) dalam bahasa Inggris.

Seperti Guru mengajarkan bahasa Inggris waktu SD;
langsung belajar An Umbrella, An Apel,
                         Books    Pencils

Terlalu cepat Anank didik mengenal Singular dan Plural dalam Grammar Bahasa Inggris, seharusnya Anak SD bisa belajar dari Audio seperti nyanian Inggris yang membawa mereka enjoy dengan kesan pertama belajar bahasa Inggris. Sebagian Ada yang trauma, kadang belajar membaca bahasa Indonesia saja belum lancar, sudah belajar Bahasa Inggris.

Kesalahan Kedua

Presepsi Anak didik telah lama didoktin tidak boleh salah dalam belajar bahasa Inggris, seperti belajar matematika, Belajar bahasa tidak bisa begitu, belajar bahasa harus salah dahulu, berani salah jangan takut salah, biarkan murid belajar bicara salah, berbicara salah asal lancar, toh proses belajar akan membuat dia paham kesalahan yang dibuat. Kembali lagi seperti anak kecil dalam mengucapkan sepatah dua patah kata, apakah kita menyalahkan anak kecil yang mengucapkan kata-kata salah, atau dengan pengucapan yang tidak sempurna.

Kesalahan Ketiga 

Dari Dua kesalahan diatas, maka kesalahan ketiga dalam belajar bahasa Inggris adalah Grammar yang baik bukanlah tujuan berbahasa Inggris. Karena kebanyakan anak didik yang kurang menyukai bahasa Inggris karena sudah trauma sejak awal dengan grammar bahasa Inggris yang diajarkan di bangku sekolahan. Kalaulah semua grammar Anda hapal semua rumusnya belum tentu Anda bisa belajar bahasa Inggris. Anda hanya bisa melewati ujian grammar di sekolah.

Belajar bahasa Inggris Seharusnya.....


Belajar Bahasa Inggris seharusnya dimulai dari mendengar, mengucapkan, setelah mendengar dan mengucapkan atau dalam bahasa Inggris Listening dan Speaking, itu awal Anda belajar bahasa Inggris. Belajar listening itu bisa di awali dari Pronounciation, listening and watching movie listening news, listening music, dan ini akan melatih pendengaran Anda dan akan mempercepat Anda untuk belajar mengucapakan, dan selanjutnya belajar bahasa konteks yang Anda dengarkan dan Anda ucapkan. Baru kemudian Anda belajar membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Kesampingkan dulu belajar grammar jika Anda ingin bisa berbahasa Inggris.

Kesimpulan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris 

Cara belajar bahasa Inggris bisa Anda mulai dengan cara berikut;
  • Download Materi Bahasa Inggris khususnya untuk listening yang mempunyai suara dan teks dari suara tersebut. (Seperti di VOA, BBC, Film Berbahasa Inggris dan teks terjemahan, Musik berbahasa inggris yang easy listening, seperti M. Learn To Rock dan liriknya, dan Situs belajar bahasa Inggris lainnya yang punya MP3 untuk didengar) ini untuk memperlancar pronounciation Anda dan listening Anda.
  • Ikuti pengucapan dari apa yang Anda dengar, ucapkan dengan keras jangan didalam hati, untuk meningkatkan hasil pronounciation dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jangan pernah takut salah.

  • Mulai pahami Apa yang Anda ucapkan tadi dengan membuka kamus, kamus Bahasa Inggris dan kamus Idiom Inggris dan juga kamus bahasa Indonesia dari teks tersebut Anda akan belajar memahami kontek kalimat dan makna nya.
  • Manfaatkan internet untuk mengakses situs yang mampu meningkatkan Anda belajar bahasa Inggris. 
  • Ajak Teman yang mempunyai ketertarikan belajar bahasa inggris untuk berbicara dan berdiskusi dengan bahasa Inggris. (Seperti Metode belajar Bahasa yang dikembangkan di Pondok Pesantren Modern)
  • Mulailah dari sekarang! Kalau Anda tidak pernah memulai untuk mencoba berbahasa Inggris, kapan pun Anda tidak akan bisa berbicara bahasa inggris, contohnya saja, Anda pindah ke Solo (Jawa tengah) Tinggal di sebuah perkampungan, dan sudah lima tahun Anda tinggal disana, dan enggan memulai berbicara bahasa jawa, kapanpun Anda tidak bisa berbicara Jawa dan Anda tetap kagok dan janggal menggunakan Bahasa Jawa,  jika Anda tidak memulainya dari sekarang. bahasa Inggris juga seperti itu. 
Semoga Cara Cepat belajar bahasa Inggris ini dapat membantu Anda untuk mudah belajar Bahasa Inggris. Selamat mencoba cara belajar ini, InsyaAllah berhasil. 

IT Term, Bisakah semua istilah diterjemahkan?

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

3 comments

Tulis comments
avatar
12 Januari 2014 04.40

Tips yang sangat bagus dan natural.... Greats post!

Reply
avatar
3 Mei 2015 09.05

Terima kasih Admin, artikel ini bermanfaat sekali untuk
untuk belajar bahasa Inggris :)

Reply