Senin, September 15, 2014

Tips Memilih Hewan Kurban Berdasarkan Syariat Islam

Tips Memilih Hewan Kurban Berdasarkan Syariat Islam

Memilih hewan kurban terbaik adalah menjadi hal sangat penting. Dan Berkurban atau qurban adalah sunnah Muakkad yang sudah disyariatkan sejak zaman Nabi Adam AS dan Nabi Ibrahim AS kemudian dilanjutkan pada Nabi Muhammad SAW yang diperintahkan didalam Alquran dalam Surah Alkautsar. Berqurban menjadi sebuah hukum Sunnat Muakkad bagi kaum muslim yang mampu untuk berqurban.

Hewan Kurban
Hewan Kurban

Bagi kaum muslimin yang mampu, yang punya niat ingin berqurban pada tahun ini maka berkurbanlah, karena dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah;

 " Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami" 

dalam hadist lain juga disebutkan bahwa pada satu helai bulu atau rambut hewan yang kita kurbankan adalah satu kebaikan. Jadi bagi teman-teman yang ingin berkurban inilah tips memilih hewan qurban;

Tips memilih hewan kurban berdasarkan syariat Islam;


1. Hewan qurban harus hewan ternak yang cukup umur
Klasifikasinya;
Untuk domba dan kambing berumur 1 tahun lebih
Untuk sapi, lembu dan kerbau berumur diatas 2 tahun.
Untuk Unta berumur lima tahun.

2. Hewan qurban tidak boleh cacat
Cacat dalam artian sehat tidak sakit, tidak pincang, tidak buta, dan tidak terlalu kurus ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW. Untuk mengecek kesehatan hewan ternak ada dinas peternakan atau instansi terkait yang menangani masalah kesehatan hewan apakah layak atau tidak hewan tersebut jadi qurban dari sisi kesrhatannya.

3. Hewan qurban diperoleh dari cara yang halal.
Baik uang untuk membeli hewan kurban, bukan hasil curian atau rampokan dan hewan kurban masih dalam perselisihan kepemilikan.

4. Hewan qurban diperoleh bukan dari hasil gadai seseorang.

5. Hewan qurban disembelih di hari tasyrik bulan dzulhijjah

Itulah tips untuk memilih hewan kurban berdasarkan syariah Islam. Mudah-mudahan qurban kita diterima oleh Allah SWT. Karena essensi qurban bukanlah ceremony penyembelihan hewan qurban itu saja, disana ada keikhlasan, ketakwaan, ketaatan, ketulusan, kesabaran, keimanan dan pengorbanana dan kepekaan sosial untuk berbagi.

Selamat berqurban!! Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H. 
Tips Memilih Hewan Kurban Berdasarkan Syariat Islam
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.