Jumat, Oktober 18, 2013

Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Baik dan Benar

Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Baik dan Benar

Menulis Surat Lamaran kerja dengan Baik dan Benar

Sudah punya niat ingin mencari pekerjaan setelah selesai sekolah atau selesai bangku kuliah? Atau ingin bekerja mencari pengalaman? Segera persiapkan diri Anda untuk memasuki dunia kerja, dimana begitu banyak persaingan untuk memperebutkan posisi yang diinginkan. Sebelum memasuki dunia kerja ada tahap-tahap yang harus Anda lalui agar Anda bisa mendapat perkerjaan. Seperti tahap mencari lowongan pekerjaan, melalui koran, majalah, website, milis, dan forum pencari kerja dan selanjutnya tahapan menulis surat lamaran kerja sesuai dengan skill atau bidang pendidikan Anda dan setelah dipanggil untuk test dan wawancara dan seterusnya.
Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Namun kali ini imuzcorner akan membahas bagaimana menulis surat lamaran kerja sebagai tahap kedua setelah Anda menemukan lowongan pekerjaan. Jadi bagaimana menulis surat lamaran kerja dengan baik; simak cara menulis surat lamaran kerja berikut ini;

1. Gunakan Bahasa Baku, bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Penggunaan bahasa dalam surat menyurat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga bahasa baku. Selain bahasa Indonesia, jika Anda apply atau memasukkan surat lamaran kerja ke perusahaan asing gunakan bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar, ini menjadi kunci utama apakah Anda akan dipanggil untuk wawancara atau tidak.

2. Kerangka Surat Lamaran Kerja


Kalau Anda lupa mengenai kerangka surat lamaran pekerjaan yang mungkin Anda pernah pelajari dibangku sekolah atau kuliah, bisa Anda buat seperti menulis surat biasa, dengan Tanggal, nama dan Alamat Anda di pojok kanan atas kemudian alamat tujuan di kiri bawah setelah alamat Anda, selanjutnya pembukaan kata surat lamaran kerja, seperti Dengan hormat, menggunakan salam dan seterusnya. begitu juga dengan isi surat posisi yang akan Anda lamar. Dan dibawah surat beri tanda penghormatan, seperti hormat saya, atau dengan bahasa Inggris seperti; Sincerely Yours dan sebagainya, dan dibubuhi tanda tangan. 

3. Isi Surat Singkat Padat Jelas.


Isi surat jangan bertele-tele, langsung kepada maksud isi surat Anda, misalnya,

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi Penerjemah di Perusahaan Bapak.
Jangan sampai terlalu banyak menceritakan diri Anda namun Anda lupa maksud tujuan surat Anda.

4. Surat Lamaran Kerja Melalui email atau Jasa Pos

Dalam Anda mengirim surat lamaran kerja menggunakan email Anda tidak perlu mencetak hasil ketikan surat lamaran Anda dan juga tidak perlu membubuhi tanda tangan langsung Anda tulis surat lamarannya di email kemudian lampirkan CV jika diminta, dan untuk subject email biasanya posisi yang Anda ingin lamar atau sesuai dengan pesan di lowongan kerja tersebut. Dalam pengiriman surat lamaran melalui jasa pos, bubuhi tanda tangan pada surat Anda, cetak dikertas yang bagus dan tidak kumal atau lecek, dan masukkan Amplop dan kirim melalui jasa pos.

5. Lampirkan CV 

CV Berbeda dengan surat lamaran kerja, jika diminta kirim surat lamaran dan CV, jangan lupa untuk menulis CV sebaik mungkin sesuai dengan pengalaman kerja Anda dan juga latar belakang pendidikan Anda. Tulis CV berdasarkan pengalaman kerja dan pendidikan terbaru terlebih dahulu lalu kemudian yang lama berurutan agar kelihatan professional.

Itulah tips dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

Contoh Surat

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia
Download Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Dalam bahasa Inggris
Download Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Inggris

Mudah Mudahan menulis surat Lamaran kerja ini bermanfaat untuk Anda, semoga sukses mendapatkan pekerjaan. 
Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.