Jumat, Oktober 11, 2013

Gaharu - Budidaya, Harga dan Manfaatnya

Gaharu - Budidaya, Harga dan Manfaatnya

Gaharu adalah tumbuhan hasil hutan yang bukan kayu. Gaharu mempunyai harga yang sangat tinggi yang banyak ditemukan di Asia khususnya di Indonesia. Gaharu dengan nama latin Aquilaria Malaccensis sudah sejak lama dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke negara yang membutuhkan gaharu.


Budidaya Gaharu

bibit gaharu
Petani sudah mulai melirik untuk menanam gaharu untuk ditanam di kebun untuk dikembangkan untuk menghasilkan gubal atau teras gaharu. Untuk budidaya gaharu pun tidak begitu rumit dan harga bibit sangat terjangkau. Jarak tanam hanya 2 x 2,5M, sangat cocok di dataran rendah dan perbukitan lereng bukit. Setelah tanam jangan lupa dipupuk dengan kompos atau pupuk kandang dan juga pupuk NPK bisa juga Pupuk Cair saat gaharu berumur dibawah setahun. Dan setelah berumur 5 sampai 6 tahun sudah bisa diinokulasi yaitu dengan cara membor batang dan memasukkan senyawa kimia kedalamnya untuk menghasilkan gubal gaharu. Dan usia 8 sampai 10 tahun sudah bisa dipanen.

Harga Gaharu


pohon gaharu
Untuk harga gaharu per-kilo nya bervariasi mulai dari 5 jutaan sampai  ratusan juta tergantung kualitas gaharu. Kalau gubal atau teras gaharu itu memang sangat mahal bisa sampai ratusan juta.

Kenapa harga gaharu begitu mahal? Gaharu  adalah tanaman langka didunia, sedangkan kebutuhan akan gaharu sangat tinggi. Dan Indonesia adalah pengekspor gaharu terbesar didunia, jadi wajar saja gaharu sangat mahal harganya.

Manfaat Gaharu

Tingginya harga gaharu,  sebanding dengan manfaat gaharu itu sendiri, gaharu mempunyai banyak manfaat diantaranya gubal atau tetas gaharu bisa untuk obat, industri kosmetik dan parfume, pengharum ruangan, dan aktifitas keagamaan. Berikut manfaat gaharu;

pengharum/pewangi ruangan alami, dengan cara dibakar yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Negara Timur Tengah.
bahan baku industri parfum, wangian dan kosmetik.
bahan untuk pembuatan dupa (insence stick). Sebagai bahan baku pembuatan Kohdoh(untuk acara ritual masyarakat Jepang).
bahan baku pembuatan minyak gaharu.
bahan baku pembuatan aneka kerajinan gaharu.
bahan pembuatan minuman (teh gaharu).
bahan baku obat-obatan antara lain: anti asmatik, stimulan kerja saraf, perangsang seks, obat kanker, penghilang stress, obat malaria, anti mikrobia, obat sakit perut, penghilang rasa sakit, obat ginjal, obat lever dan obat diare.

Nama lain gaharuagarwood, aloe wood, dan eagle wood, oud (Timur tengah), dan Cing (Cina) dan nama lokal gaharu di Indonesia mempunyai nama bermacam-macam tergantung daerah masing-masing yaitu; calabac, karas, kekaras, mengkaras (Dayak), galoop (Melayu), halim (Lampung), alim (Batak), Kayu Alim (Aceh) kareh (Minang), age (Sorong), bokuin (Morotai), lason (Seram), Ketimunan (Lombok), ruhuwama (Sumba), dan seke (Flores). 

Dengan nama masing-masing ini Anda lebih mengenal dekat dengan pohon gaharu dan bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis jika di daerah Anda memiliki potensi gaharu tersebut. 
Mudah mudahan informasi gaharu ini bermanfaat untuk Anda.

Gaharu - Budidaya, Harga dan Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.