Rabu, Agustus 21, 2013

Sistem Operasi Smartphone, Mau Pilih yang Mana?

Sistem Operasi Smartphone, Mau Pilih yang Mana?

Perkembangan teknologi semakin pesat, terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Seakan menuntut masyarakat untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Teknologi komunikasi smartphone semakin berkembang pesat dan berbagai provider telpon seluler pun tidak ketinggalan untuk meraup untung dari pangsa pasar smartphone yang semakin digemari.

Berbagai provider ponsel, khususnya ponsel pintar atau smartphone, menawarkan berbagai sistem operasi ponsel pintar yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Baik dari segi interface, aplikasi, fitur, kenyamanan, dan desain ponsel pintar itu sendiri. Jadi sistem operasi atau OS smartphone mana yang Anda pilih.

Ada beberapa sistem operasi ponsel, khususnya smartphone yang kini menjamur di pasar. Apa saja sistem operasi atau OS (Operation System) yang ada pada ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi Anda. Anda bisa pilih sistem operasi sesuai dengan kebutuhan komunikasi seluler yang didesain menjadi sebuah ponsel pintar. Disini imuzcorner akan berbagi informasi mengenai sistem operasi smartphone yang cocok untuk Anda.

Sistem Operasi Smartphone


1. Android

Sistem Operasi Android
Sistem operasi untuk smartphone ini yang dikembangkan oleh Google menjadi populer di kalangan pengguna smartphone saat ini. Android kini menguasai pasar smartphone dunia, menurut Worldpanel Comtech (WPC) pada penelitian penjualan smartphone di 9 Negara, Sistem operasi smartphone Android mencapai Angka 64,2 persen mengalahkan kompetitor sistem operasi smartphone lainnya. 

Android memang lebih mudah menggunakannya, keunggulannya lebih kepada banyaknya aplikasi gratis untuk memudahkan Anda bekerja, bermain game, dan belajar melalui smartphone dengan OS Android. Dan untuk Anda pengguna Akun Google, Android bisa terintegrasi dengan berbagai aplikasi atau produk Google di Android. Jadi bagi Anda yang Mobile aktifitasnya Anda bisa gunakan Android. Smartphone Android kini mudah ditemukan di pasar seluler berbagai merk, dari merk Samsung sampai HTC. Dari harga murah sampai yang mahal.

2. iOS (iPhone Operation System)


Sistem Operasi iPhone
OS smartphone yang satu ini hanya dikeluarkan oleh Apple. Inc. Dengan nama iPhone. iPhone menggunakan sistem operasi iphone. Smartphone ini dikeluarkan hanya untuk negara tertentu saja. Harga iPhone di pasaran juga termasuk harga yang paling mahal dari ponsel lain sekelasnya untuk smartphone. Sistem operasi iPhone hampir mirip dengan Android dengan berbagai aplikasi berbayar dan gratis. Bagi Anda yang memiliki budget lebih Anda bisa membeli smartphone ini di pasaran.

3. BlackBerry OS


Sistem Operasi BlackBerry
Sistem operasi Smartphone BlackBerry juga dibuat oleh BlackBerry itu sendiri yang perusahaannya bernama RIM (Research In Motion) yang berasal dari Kanada. Keunggulan nya hanya pada BlackBerry Messanger (BBM) yang hanya ada pada smartphone BlackBerry tersebut yang memudahkan mengirim pesan, gambar sesama pengguna BB berdasarkan PIN untuk messanger. 







4. Windows Phone


Sistem Operasi Windows Phone
Windows Phone adalah sistem operasi windows untuk ponsel yang platform mobile nya dari Microsoft. Salah satu provider ponsel yang sudah menjalin kerja sama dengan windows phone adalah Nokia. Windows Phone ada pada produk Nokia yang paling anyar saat ini seperti Nokia Lumia dan berbagai series dan tipe nya. Tidak ubahnya smartphone lain, OS Windows Phone mungkin lebih familiar bagi kalangan pengguna Windows PC, dan juga berbagai produk Microsoft lainnya. 




5. Symbian


Sistem Operasi Symbian
Dulu Sistem operasi ponsel Symbian untuk smartphone dikuasai oleh berbagai perusahaan provider ponsel, khusunya Nokia yang memiliki saham terbesar dan kini Symbian sudah sepenuhnya milik Nokia. Namun setelah berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sistem operasi smartphone Symbian sudah mulai ditinggalkan. Hanya Nokia lah yang menggunakan Symbian untuk sebagian ponsel pinternya. Meskipun Nokia kini sudah menggaet Microsoft dengan sistem Operasi Windows Phone untuk OS nya. 

Dari sekilas informasi sistem operasi ponsel pintar, sistem operasi mana yang akan Anda pilih untuk smartphone Anda. Masing-masing memiliki kelebihan, dan tergantung kebutuhan Anda untuk mendukung aktifitas. Ataukah Anda memiliki alasan tertentu untuk membeli smartphone seperti alasan warna, Sistem Operasi dan fitur, Trend, Merk, desain dan lainnya. Silakan beri komentar mengenai OS smartphone yang Anda pilih.

Sistem Operasi Smartphone, Mau Pilih yang Mana?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.