Kamis, Juli 18, 2013

Ide Bisnis Home Industri sebagai Peluang Usaha

Ide Bisnis Home Industri sebagai Peluang Usaha

Home Industri

Ide Bisnis

Ide Bisnis home industri berkembang di Indonesia sebagai peluang usaha yang menjanjikan bagi calon pengusaha atau pengusaha yang bisa memanfaatkan peluang bisnis. Home industri atau industri rumahan menjadi sebuah industri kreatif dimana kita bisa memanfaatkan ide-ide kreatif kita untuk diaplikasikan menjadi sebuah usaha home industri dimana bisa menjadi bisnis yang berkesinambungan.

Banyak ide-ide bisnis home industri yang bisa kita terapkan sebagai  industri rumahan dalam kehidupan sehari-hari. Disini saya hanya sedikit berbagi ide bisnis home industri yang bisa Anda kembangkan berdasarkan potensi yang ada pada lingkungan Anda. Dengan memanfaatkan potensi atau bahan baku yang kurang bernilai menjadi sebuah produk yang berharga. Apa saja ide bisnis untuk usaha home industri yang bisa kita terapkan sebagai bisnis usaha rumahan yang mampu memberi penghasilan lebih dan mendongkrak perekonomian masyarakat di sekeliling kita.

Ide Bisnis Home Industri


Ide bisnis dari Bahan Baku Alam
Apa yang ada potensi dari daerah atau lingkungan Anda yang berasal dari Alam. Misalnya; Ikan, Lebih spesifik Ikan Gabus. Kalau di daerah Anda banyak postensi ikan ini dan kurang berharga  bisa Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis home industri seperti kerupuk ikan gabus, atau produk Abon ikan gabus. Dan akan menjadi lebih bernilai jika ide-ide kreatif kita kembangkan menjadi industri rumahan. Intinya gali potensi daerah baik berupa bahan baku yang kurang termanfaatkan menjadi lebih bernilai.

Begitu juga dengan bahan baku tumbuhan yang Ada di daerah Anda, bisa Anda kembangkan ide menjadi sebuah produk yang bernilai. Misalnya pemanfaatan ubi menjadi tape, kripik, atau pisang dan lain sebagainya. Atau dari bahan tumbuhan rotan atau eceng gondok yang bisa anda kembangkan menjadi produk meja, tas, kursi dan lain sebagainya. Dari ide ini bisa menjadi sebuah home industri jika Anda segera melakukan action.

Ide bisnis dari Bahan Baku Sampah
Ide bisnis home industri dari sampah bisa menjadi sebuah nilai yang berharga, misalnya sampah plastik bisa di-daur ulang menjadi biji plastik, atau bisa menjadi berbagai produk tas, begitu juga dengan sampah non plastik yang bisa diolah menjadi pupuk kompos yang bisa dipasarkan ke petani. Potensi-potensi inilah yang mungkin kita belum kita kembangkan. Ide sudah ada, tinggal kita nya memanfaatkan sampah jadi emas melalui home industri.

Masih banyak ide-ide bisnis home industri yang bisa kita diaplikasikan melalui produksi home industri, selain kita mengembangkan industri kreatif dan juga kita bisa mengembangkan dan mengangkat potensi yang ada di daerah kita menjadi produk unggulan berbasis home industri.

Saya hanya sedikit berbagi mengenai kegelisahan saya tentang masyarakat Indonesia yang sangat konsumtif yang menjadi target pasar yang laris bagi negara lain. Kalaulah kita tidak memanfaatkan potensi yang ada pada kita, kita akan terus menjadi bangsa yang paling konsumtif di dunia, atau orang lain yang memanfaatkan potensi yang ada pada daerah kita. Kalau kita bisa membaca peluang, mungkin industri kreatif bebasis home industri bisa berkembang pesat di Indonesia.

Mudah-mudahan ide bisnis home industri ini bisa bermanfaat untuk kita untuk kita kembangkan menjadi usaha rumahan berbasis home inustri, selain memanfaatkan potensi yang ada juga membantu perekonomian masyarakat Indonesia. 
Ide Bisnis Home Industri sebagai Peluang Usaha
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.