Selasa, Juni 18, 2013

Usaha Kecil Menengah; Strategi Pemasaran Online

Usaha Kecil Menengah; Strategi Pemasaran Online

Usaha Kecil dan Menengah atau Small and medium enterprises SMEs kini tumbuh subur di Indonesia, produk dan jasa banyak lahir dari bisnis kecil ini. Pemasaran adalah suatu kendala yang dihadapai oleh para pelaku usaha kecil dan menengah ini, karena sebagian pelaku usaha kecil ini memiliki keterampilan untuk membuat suatu produk atau jasa dan hanya mengandalkan pemasaran yang konvensional dan hanya menjangkau pelanggan di pasar lokal saja, dengan demikian omset penjualan pun tidak terdongkrak dengan cost produksi semakin meningkat. 

Sudah saatnya Usaha Kecil dan menegah Indonesia melakukan pemasaran online, untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha kecil dan memajukan industri kecil. Dan tentunya meningkatkan perekonomian Indonesia. Awal tahun 2012 Usaha Kecil dan menegah Indonesia sudah didukung penuh oleh Google Asia Tenggara, Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perindustrian dan Kadin melalui program Bisnis Lokal Go Online. 

Program Bisnis Lokal Go Online diberikan kepada UKM yang masih menggunakan sistem pemasaran konvensional yang belum memanfaatkan media online untuk pemasaran produk dan jasa mereka, padahal bisnis online bisa meraup pelanggan yang tak terbatas dengan layanan 24 jam dengan customer global dengan biaya yang sangat murah, anda tidak usah menyewa toko yang harganya sangat mahal, meng-hire banyak karyawan dengan omset penjualan anda pas-pasan.

Strategi Pemasaran Online untuk Usaha Kecil dan Menengah

Bagaimana strategi pemasaran produk dan jasa Usaha Kecil dan Menengah, agar bisa menjangkau pasar global. Ini dia strateginya;

1. Gunakan Website/Blog

Media website adalah media yang paling tepat untuk memasarkan produk dan jasa UKM, Anda bisa memiliki website gratis dari Bisnis Lokal Go Online, kalau pun tidak gratis lagi anda bisa membeli website sesuai dengan domain website sesuai dengan produk UKM yang anda jual. 
Dengan Website atau blog, produk anda bisa mendunia. Media ini ibarat Toko Online anda, yang pengunjungnya tidak terbatas. Ini kesempatan anda untuk memasarkan produk dan jasa anda. Buatlah website atau blog seprofessional mungkin agar produk anda lebih diminati. Kalau anda ingin lebih terlihat professional, anda bisa menambahkan sistem pembayaran yang aman, seperti menambahkan PayPal, FasaPay atau rekening bersama (ESCROW) IPAYMU. Atau menambahkan Sistem pengiriman yang cepat dan murah, alamat usaha anda dengan jelas. Jadi pelanggan anda tidak ragu membeli produk anda. 

2. Pelajari SEO

SEO adalah Search Engine Optimalization, mengoptimalkan website atau blog di mesin pencari. Dengan demikian dengan mempelajari SEO, biaya anda untuk melakukan promosi semakin murah. Dengan belajar SEO, Search Engine Marketing, Sosial media marketing akan memudahkan anda mendapat pengunjung ke website anda, semakin ramai pengunjung anda semakin besar pula penjualan yang akan anda peroleh.


3. Bangun Network di Sosial Media

Untuk membangun sebuah bisnis, baik bisnis besar maupun bisnis UKM, jaringan bisnis dengan membangun komunitas di sosial media, kekuatan sosial media adalah kekuatan marketing online saat ini, karena pengguna sosial media semakin meningkat. Bahkan diperkirakan 4 dari 5 orang di dunia akan menggunakan sosial media. Jadi jangan pernah mengabaikan sosial media marketing untuk promosi produk UKM anda karena mata dunia akan tertuju kepada produk anda. Anda bisa melakukan promosi di Twitter, Facebook, atau sosial media Pinterest yang menggunakan media gambar atau sosial media yang lain.

4. Jalin Komunikasi dengan Baik dengan Calon dan Pelanggan.

Biasanya, para pelanggan online dimana mereka ingin membeli pasti mereka ingin menanyakan tentang produk atau jasa tersebut, mengenai harga, pengenai pengiriman, kualitas dan sebaginya, dan ini kesempatan anda untuk menjalin komunikasi dengan baik agar bisa closing bahasa marketingnya. Anda bisa membuat kontak di website atau blog anda, seperti CS dengan Yahoo Messanger, Skype, Hanphone, BBM atau sistem komunikasi online lainnya yang mudah dan murah digunakan.

5. Berikan Informasi atau Artikel Terbaik mengenai produk Anda

Memberikan Artikel atau informasi terbaik kepada pelanggan anda, akan menjadi sebuah nilai plus bagi pelanggan, anda bisa membuat artikel tentang produk anda, menampilkan review produk anda, testimoni pelanggan anda,  memberi tips, dan artikel yang menarik perhatian pelanggan anda untuk membeli. Selain meberikan kepuasan terhadap pelanggan, ini juga akan berdampak positif bagi website anda dari sisi SEO.

6. Gunakan Sistem Affiliasi

Strategi ini bisa juga anda lakukan, untuk membantu penjualan anda. Sistem afiliasi tau program kemitraan, dimana mitra anda membantu anda menjual produk anda, dan anda harus memberi komisi berupa persen, per lead kepada mitra anda sesuai dengan kesepakatan anda dengan mitra anda. Selain membantu penjualan, program affliasi juga membantu traffik website anda, yang otomatis mendongkrak penjualan produk UKM Anda.

 

7. Beriklan

Kurang puas dengan strategi dari 5 strategi pemasaran online UKM diatas, anda bisa mencoba mengiklankan produk UKM anda, tentunya ada biaya yang anda keluarkan untuk mengiklankan produk anda. Ada juga yang beriklan gratis namun hasil nya tidak begitu maksimal. Anda bisa gunakan Adwords dari google untuk mengiklankan produk anda atau berpromosi di Facebook yang tentunya berbayar per kliknya.

Mudah-mudahan Stategi Pemasaran Online untuk Usaha kecil dan menengah ini bisa membantu anda untuk mulai melirik media online untuk melakukan promosi produk UKM Indonesia ke penjuru dunia demi meningkatkan perekonomian Indonesia pastinya.

Usaha Kecil Menengah; Strategi Pemasaran Online
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.