Senin, Juni 04, 2012

KASKUS Pindah Alamat Domain

KASKUS Pindah Alamat Domain

Banyak para pengguna KASKUS bertanya-tanya mengenai alamat kaskus.us kok tidak bisa diakses minggu lalu, dan ternyata kaskus berpindah alamat domain dari kaskus.us menjadi kaskus.co.id. Perpindahan domain ini menjadi tanya besar bagi kaskuser, dan berbagai spekulasi pun muncul, ada yang mengatakan kaskus di hack, ada yang mengatakan kaskus bermasalah pada data DNS, maintenance yang cukup lama, dan berbagai macam spekulasi muncul karena kaskus tidak menjelaskan secara resmi mengenai hal ini. Kaskus hanya menjelaskan "Maaf ya, Gan, kalau perpindahan domain ini dadakan, tapi jangan khawatir saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan akan up lagi dalam waktu dekat," tulis Kaskus dalam pernyataannya. Tidak ada Kaskus secara detail menjelaskan alasan perpindahan domain tersebut.

Kaskus yang didirkan pada tahun 1999 lalu hanyalah sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri dan lama kelamaan menjadi sebuah komunitas online terbesar di Indonesia. Bermula menggunakan domain dot us karena didirikan di Amerika serikat, namun pada tanggal 27 Mei 2012 Kaskus mengganti domain dari dot us menjadi dot co dot id.

Alasan KASKUS Pindah Domain


Menurut Wikipedia Kaskus  mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us pada tanggal 26 Mei 2012, karena alasan itulah Kaskus berpindah alamat domain. Karena perpindahan domain itulah kaskuser tidak bisa mengakses kaskus hanya untuk beberapa hari karena perpindahan domain, sudah tentu perpindahan domain membutuhkan data transfer yang banyak dari domain yang lama ke domain yang baru.

Mulai sekarang kaskus sudah bisa diakses seperti biasa seperti berdomain us waktu itu, meskipun kini menggunakan kaskus.co.id atau dot com mungkin lebih dekat dengan masyarakat Indonesia.

Mudah-mudahan informasi Kaskus berpindah alamat domain ini bermanfaat bagi Juragan yang belum mengatahui informasi ini.
KASKUS Pindah Alamat Domain
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.