Google Translate, Cara Mudah Memahami Konten Berbagai Bahasa

Terjemahan Google
Kadang kita susah memahami sebuah konten dari isi blog ataupun website, padahal konten tersebut kita rasa sangat bermakna bagi kita sebagai informasi yang sangat kita butuhkan, namun keterbatasan bahasa yang kita miliki membuat hal tersebut kita mengabaikan informasi tersebut. Ok lah kalau konten tersebut berbahasa Melayu atau Inggris yang mungkin bisa sedikit kita pahami namun bagaimana dengan bahasa negara lainnya? Mungkin sulit untuk memahami tanpa bantuan tool terjemahan seperti yang disediakan oleh Google, yaitu Google Translate. Kalau kemampuan bahasa asing kita hanya Inggris saja.

Google Translate menawarkan penerjemahan online baik berupa teks maupun web dengan sangat cepat. Kini Google Translate menawarkan lebih dari 58 bahasa yang ada di dunia. Dengan Google Translate kita dapat dengan mudah memahami konten berbagai bahasa di dunia. Meskipun Google translate sudah menawarkan penerjemahan gratis, namun masih saja ada kekurangan pada mesin penerjemahan itu, namanya juga Machine Translation, bukan Human Translation, jadi untuk penerjemahan secara detail yang mirip dengan Human translation masih jauh dari kata sempurna, namun untuk memudahkan pengguna untuk memahami konten dalam berbagai bahasa Google Translate adalah solusinya.

Kemudahan menerjemahkan online yang ditawarkan Google sangat membantu pengguna dalam mengakses web atau blog berbagai bahasa yang tidak dipahami oleh pengguna sebagai bahasa ibu atau bahasa kedua pada negaranya, jadi Google translate dapat membantu untuk memahami konten dari web tersebut.

Dengan kemajuan zaman dan Glogbalisasi, berbagai istilah (term) banyak bermunculan, karena banyaknya penemuan-penemuan dan harus memberi nama (Naming) pada benda, barang atau hasil dari perkembangan budaya itu sendiri. Seperti terms pada Tekhnologi Informasi banyak yang digunakan pada bahasa Inggris, karena kurang tepat pada bahasa tertentu. Agar tidak ada kesan penerjemahan dipaksakan maka istilah dari kata asal pun digunakan. silahkan baca IT Term, Bisakah Semua Istilah diterjemahkan?

Google Translate App
Google Translate App
Namun kehadiran dari Google translate dapat diterima oleh pengguna untuk memudahkan mereka berkomunikasi antar negara dengan berbagai bahasa. Untuk Blog sendiri Google sudah menyedikan gadget translator di Blogger, dan juga tersedia diemail dan aplikasi Android. Dan kisa sendiri bisa membuat dan mengembangkan widgetnya dengan mudah diblog kita agar pengunjung blog yang berlainan bahasa dapat memahami isi blog kita. Silahkan Download Widget Translator di Blogger

Widget Translate di Blogger
Widget Translate di Blogger

Kesimpulannya, Google Translate memudahkan untuk memahami sebuah konten dari berbagai bahasa yang tersedia, meskipun tak sehebat Human Translation, namun Google translate sudah mampu menerjemahkan secara general dari teks atau konten dari bahasa tertentu dan bisa dipahami oleh pengguna. Google juga memberi kesempatan kepada kita untuk berkontribusi memberikan terjemahan yang terbaik dari hasil yang sudah diterjemahkan apabila terjemahan tersebut kurang cocok pada bahasa target atau sasaran.
Semoga ulasan Google translate ini memudahkan kita untuk memahami konten berbagai bahasa yang kemampuan bahasa kita terbatas.

Baca Juga Dibalik Cerita-Cerita Sang Penerjemah

Silakan beri komentar terkait konten diatas. komentar yg mengandung link akan dihapus.
EmoticonEmoticon

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner