Selasa, Juni 12, 2012

Bagaimana Cara Mesin Pencari Bekerja

Bagaimana Cara Mesin Pencari Bekerja

Ketika anda melakukan pencarian (Query) di mesin pencari baik itu di Google, Bing, Yahoo, ataupun search engine lainnya, maka akan muncul tampilan kata-kata dan link yang sesuai dengan kata yang anda query. Dan ternyata mesin pencari itu mempunyai cara kerja dalam menampilkan hasil yang anda lakukan dalam pencarian di search engine. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mesin pencari bekerja, disini imuzcorner akan membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda.

Sebelum anda mendapatkan hasil informasi yang anda cari di mesin pencari, baik dari website, blog, atau data internet lainnya, ternyata ada beberapa proses dari data yang dilakukan mesin pencari. Proses itu ada 3 tahap, yaitu Crawling, Indexing dan Searching. Tiga tahap ini akan kita bahas satu persatu bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memutuskan hasil dari pencarian.
Proses Kerja Mesin Pencari

Crawling

Crawling adalah sebuah proses yang dilakukan web spider dengan merayapi (Merangkak) semua informasi yang terletak pada blog atau website, baik dari kata-kata, dan link-link yang ditemukan didalam blog tersebut. Ketika blog atau website baru dipublish, proses crawling pun akan dilakukan oleh web spider, seluruh informasi akan dikumpulkan, informasi yang dikumpulkan berupa kata-kata yang terdapat diblog dan link yang ada dihalaman blog tersebut, itulah perlunya optimasi gambar(Image) pada blog, dengan ALT Teks, agar gambar pada blog anda bisa dicrawling oleh web spider.

Indexing

Setelah Proses Crawling dilakukan, selanjutnya proses Indexing pun dilakukan untuk penyimpanan data informasi dari hasil yang dikumpulkan spider web. Proses indexing akan menyimpan data berupa kata-kata atau keyword dan URL dari hasil crawling tersebut. Indexing inilah akan mengarchive semua data yang sudah dicrawling. Agar ketika melakukan Query, maka hasil yang ditampilkan akan lebih cepat munculkan pada mesin pencari. Misalnya kita mengetikkan kata kunci SEO Blogging, di Google Search,  maka akan muncul Sekitar 47,000,000 hasil  hanya dalam waktu (0.20 detik), sangat cepat. Itulah cara kerja indexing pada mesin pencari.

Tampilan Pencarian

Searching

Setelah data informasi dari website atau blog di index atau diarchive, kemudian proses searching. Ketika anda memasukkan sebuah kata kunci di browser pada mesin pencari, maka mesin pencari akan memanggil data informasi website atau blog yang sudah diindex, dan proses searching atau pencarian akan menampilkan hasilnya sesuai dengan kata kunci yang anda query di mesin pencari, kemudian search engine akan menampilkan data yang paling relevan dengan informasi yang anda cari. Berupa judul, potongan konten yang relevan dan URL nya.

Begitulah seterusnya proses kerja mesin pencari. Proses ini penting untuk anda ketahui untuk kepentingan SEO. Untuk diketahui, masing-masing Search engine pada dasarnya mempunyai algoritma sendiri dalam menghitung relevansi dari isi dari sebuah blog. Makanya hasil pencarian dari Google, Yahoo dan Bing masing-masing berbeda hasil dari pencarian, karena mereka mempunyai Algoritma berbeda dalam menghitung relevansi pada proses indexing dimana Algoritma search engine akan diupdate secara periodik, untuk menampilkan hasil yang lebih baik pada hasil pencarian pada masing-masing mesin pencari. Untuk kepentingan SEO, terutama untuk bertahan di SERP, anda harus mengikuti perkembangan Algoritma Update dari masing-masing mesin pencari, baik itu berupa anjuran atau pun larangan dan anda harus bisa menyesuaikan agar anda tetap bertahan di SERP. 

Mudah-mudahan informasi mengenai bagaimana cara mesin pencari bekerja bermanfaat untuk kita semua agar lebih memahami pengolahan dan penelusuran data informasi di internet.
Bagaimana Cara Mesin Pencari Bekerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.