Rabu, Mei 09, 2012

Kata Kunci di Meta Tag Tidak Berpengaruh di Search Engine Google

Kata Kunci di Meta Tag Tidak Berpengaruh di Search Engine Google

Meta Tag Keywords di Mata Google

Meta Tag adalah sekumpulan kode HTML yang mengandung Meta Data dari sebuah web atau blog. Meta Tag adalah hal penting dalam penerapan SEO dasar dalam dunia blogging. Meta Tag elemen penting pada sebuah blog yang bertujuan agar spider bot dapat melakukan crawling dari data blog. Untuk mempermudah akses spider ke blog, meta tag lah yang berperan penting dalam memberikan data blog anda ke spider bot. Lazimnya, dalam pembuatan Meta Tag, penulisan Meta Tag HTML biasanya menggunakan Meta Description, Meta Keywords dan Meta Robot. Namun tahukah anda keyword atau kata kunci di meta tag blog anda tidak berpengaruh di mesin pencari Google, dalam artian Google tidak akan menggunakan keyword meta tag blog anda sebagai acuan dalam peringkat pencarian di Google Search.


Saya mengutip dari search engine land mengenai Indexing Versus Retrieval Versus Ranking dengan percobaan meta keywords yang dibuat di situs search engine land, untuk membuktikan bahwa apakah search engine Google akan menggunakan keyword yang dimasukkan dalam meta keywords mempengaruhi dalam peringkat web mesin pencari, namun hasilnya kata kunci meta tag tidak ditemukan, begitu juga dengan mesin pencari dari microsoft (bing), berbeda halnya dengan Yahoo dan Ask mesin pencari ini keywords pada meta tag ditemukan pada setiap pencarian kata kunci di meta keywords tersebut.

Google Webmaster Central Blog juga menjelaskan dari berbagai pertanyaan yang muncul mengenai Keywords pada meta keyword. Dengan jelas Google menyebutkan "Google tidak menggunakan "kata kunci" meta tag dalam peringkat pencarian web kami" dan lebih jelas Google menjelaskan "Pencarian web kami  mengabaikan kata kunci meta tag sepenuhnya. Mereka tidak memiliki efek dalam peringkat pencarian kami saat ini".

Dari penjelasan dua sumber tersebut jelas sudah bahwa Kata Kunci Meta tag tidak mempunyai efek peringkat pencarian di mesin pencari Google. Mengenai kata kunci meta tag yang tidak berpengaruh dalam peringkat pencarian Google, ada banyak kasus mengenai masalah ini, banyak juga blogger yang menggunakan full keyword terlebih pada keywords kontes SEO, yang menggunakan seluruh kata kunci dari keyword kontes SEO di dalam meta keywords bahkan meta deskripsi pun diganti demi sebuah kontes SEO, dimana akan merusak reputasi blog yang sebelumnya blog anda membahas dunia komputer dan sekarang telah berganti dengan Promo member Alfamart Minimarket Terbaik Indonesia, dimana Google sudah melarang Blogger untuk ikut kontes SEO yang bisa membahayakan reputasi blog kita, karena Google Algoritma Update dari Google akan terus beraksi menyinkirkan spammer.

Meta Tag Ideal untuk Blogger

Meta Tag Ideal untuk Blogger
Untuk Meta Tag HTML di Blogger anda bisa Googling sendiri mencari mana yang terbaik untuk anda gunakan pada platform Blogger anda. Namun Meta Tag ideal terletak pada karakter pada meta tag itu sendiri, menurut SEOmoz, SEO Best Practice meta tag sebaiknya menggunakan karakter yang singkat, seperti;
untuk Title Tag : Gunakan kurang dari 70 Karakter
untuk Meta Description ; Gunakan 150 karakter
Untuk Meta Description : Gunakan 150 sampai 160 Karakter 

Kesimpulan dari Kata Kunci pada Meta Tag

Meskipun Google tidak memberikan ranking dalam pencarian dari meta tag keyword yang ada buat, namun meta keyword ini akan membantu meta deskripsi anda di Meta tag elemen. Jadi idealnya Meta Tag deskripsi dan Meta Tag pada kata kunci saling bergandengan, so kata kunci di Meta Description mempunyai penjelasan detail di meta tag keyword, harus ada kesamaan kata kunci antara dua elemen meta ini. Misalnya meta tag deskripsi anda membahas tentang "Informasi gadget terupdate" dan dalam keyword meta anda bisa memasukkan kata kunci yang relevan yang mendukung dan menguatkan meta deskripsi anda, misal dari deskripsi diatas, meta keywordnya : Kamera, iPad,......, ....... dan lain-lain yang relevan dengan deskripsi anda dan konten. Kemudian sesuaikan dengan karakter Meta Tag disarankan oleh orang yang Ahli dibidang SEO practice

Sementara Meta Description juga tidak terlalu penting bagi penringkat di mesin pencari, namun sangat penting dalam mendapatkan klik-melalui pengguna dari halaman hasil pencarian mesin pencari (SERPs). Ini adalah paragraf pendek blog anda yang berkesempatan untuk mengiklankan konten untuk pencari dan biarkan mereka tahu persis  halaman apa yang disajikan yang berkenaan dengan apa yang mereka cari.
Karena dalam pencarian di Google, kadang google akan memperilhatkan potongan dari meta deskripsi di pencarian. 

Mengenai Kata Kunci di Meta Tag Tidak Berpengaruh di Search Engine Google, mungkin ada yang belum terjelaskan dalam pembahasan ini, mungkin teman-teman bisa menambahkan terkait Meta Tag pada Platform Blogger. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kemajuan SEO blogging kita semua!


Kata Kunci di Meta Tag Tidak Berpengaruh di Search Engine Google
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.