Senin, April 28, 2014

Ulasan Lengkap tentang Backlink ; Backlink Untuk Kepentingan SEO

Ulasan Lengkap tentang Backlink ; Backlink Untuk Kepentingan SEO

Apa sih Backlink? Bagi newbie blogger mungkin sudah pernah mendengar kata-kata ini namun masih belum memanfaatkan bagaimana backlink yang berkualitas untuk blog anda, presfektif newbie hanya tau membuat backlink dengan tukeran link atau memberi kommentar di blog  yang mempunyai PR (baca Page Rank) yang tinggi. Setelah berbulan-bulan PRnya belum naik-naik, silahkan baca dulu SEO sedehana ala imuzcorner. Pada postingan ini saya ingin memberikan ulasan lengkap tentang Backlink untuk kepentingan SEO.

Definisi Backlink

Backlink adalah sering dikenal dengan incoming link atau link yang masuk, lengkapnya backlink adalah teks link anda berupa anchor teks yang terdapat di web atau blog orang lain yang merujuk ke blog anda. itulah backlink. Baca juga postingan saya terdahulu tentang internal dan external linking, untuk lebih memahami link building untuk kepentingan backlink SEO.

Fungsi Backlink

Fungsi backlink adalah untuk memberikan dampak positif untuk page rank anda di Search Engine. Meskipun secara tidak langsung memberikan traffic langsung namun mempunyai sisi tekhnikal untuk kepentingan SEO. Misalnya; seperti gambar ini,
Backlink Untuk Kepentingan SEO
Illustrasi Backlink by imuzcorner

Anda mempunyai backlink dibeberapa blog teman anda, di forum, atau di sosial bookmark, dan semakin banyak backlink anda tersebar dibeberapa blog, website maka blog anda akan populer dimata search engine. Dengan demikian blog anda akan ditempatkan diposisi teratas karena kepopuleran backlink anda, walaupun tidak memberikan direct traffic namun bisa memberikan traffic organik dari SE,  itu fungsi backlink untuk SEO.

Backlink yang bagaimana?

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang natural, tidak terlalu dipaksakan, yang penting senatural mungkin dan berfariasi. Misalnya anda memberikan komentar diforum yang mempunyai PR yang tinggi dan postingan anda diforum tersebut hanya menggangu aktifitas diskusi forum karena post yang anda berikan tidak sesuai dengan diskusi berlangsung. ini tidak natural ada kesan dipaksakan. Begitu juga dengan komentar blog dan tukeran link, sesuaikan dengan tema blog anda dan blog yang anda komen, paling tidak sesuaikan dengan postingannya, agar anda mendapat backlink berkualitas, kalau tidak anda akan dianggap spammer oleh robot Search Engine.

Ini tips untuk membuat backlink yang berkualitas untuk kepentingan SEO blog anda;
  • Beri komentar di blog yang do Follow blog dengan PR tinggi dan sesuaikan tema blog atau postingan blog dengan anchor teks link anda.
  • Komentar di Forum dofollow dengan PR bagus yang sesuai dengan blog anda. Untuk komentar pada point pertama dan kedua ini  harus bervariasi jangan hanya di domain.com saja, banyak nama domain yang lain (edu, info, gov,org, dan lain-lain) yang dofollow yang bisa anda beri komentar untuk kepentingan backlink SEO. Ini cara SEO Sederhana.
  • Tukeran link (Link Exchange) sesuaikan dengan blog anda, lihat cara Link Exchange ala Professional Webmaster
  • Sosial Sharing, manfaatkan sosial sharing dan sesuaikan judul blog anda dengan kategori yang sesuai.
  • Sosial Bookmark, banyak sosial bookmark tersedia di internet yang menawarkan gratis dan anda bisa lakukan untuk kepentingan backlink SEO anda, salah satunya Backlink Tool OnlyWire, backlink tool yang doFollow, hanya dengan sekali klik tombol anda bisa menshare postingan anda lebih ke 40 sosial network yang pastinya memberikan backlink yang berkualitas untuk anda. Silahkan daftar di OnlyWire. (untuk Backlink tool OnlyWire akan kita bahas untuk postingan selanjutnya) 
    Nah setelah memahami Backlink untuk kepentingan SEO, sekarang anda bisa menerapkannya tahap demi tahap, jangan lakukan kesalahan dalam melakukan backlink. Inilah Ulasan Lengkap tentang Backlink. Kesimpulannya backlink yang baik akan memberikan dampak positif bagi blog anda di mata mesin pencari, dan posisi anda di Google Rangking akan menentukan prestasi anda, prestasi dalam artian semakin banyak pengunjung semakin mudah anda untuk menjual. Bener nggak?? Semoga bermanfaat! Silahkan komentar mengenai do follow backlink!

    Ulasan Lengkap tentang Backlink ; Backlink Untuk Kepentingan SEO
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan via email

    Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

    2 comments

    Tulis comments
    avatar
    7 Januari 2016 23.17

    Makasih infonya dikit demi sedikit tau tentang backlink
    Salam kenal n sukses selalu

    Reply