Selasa, Desember 04, 2012

5 Tips Belanja Online Dengan Aman

5 Tips Belanja Online Dengan Aman

Belanja Online
Belanja Online
Sebenarnya tulisan Tips Belanja Online sudah pernah saya published di blog saya imuzcorner.com, tetapi karena sekarang ada masalah hosting dan blog yang dihacked, saya republish disini, dan artikel ini selamat dari hacker. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca imuzcorner.blogspot.com.

Internet selalu memberikan kemudahan untuk berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu, dan seiring dengan kemajuan tekhnologi, internet pun sudah dijadikan sebagai market besar untuk meraup customer yang sangat banyak tanpa batas. Berbagai toko online telah menjamur menjual berbagai produk yang sangat menggiurkan para calon pembeli. Bahakn Google juga telah meluncurkan Bisnis Lokal Go Online untuk UKM yang bekerjasama dengan Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian dan Kadin (baca Kamar Dagang dan Industri) semua diakomodasi gratis. Jadi bisnis online sudah menjadi trend di dunia industri. 
Dengan begitu banyaknya bisnis online, perlu diketahui tips-tips aman untuk berbelanja online agar tidak terjadi penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan,

Berikut tips-tips belanja online dengan aman;


#1. Berbelanjalah di toko online atau website penjualan yang sudah mempunyai kredebilitas dan reputasi yang baik. Cara mengetahuinya dengan melihat bukti-bukti shipping mereka atau referensi dari temen-temen yang sudah pernah berbelanja di toko tersebut untuk mengetahuinya silahkan tanya diforum-forum, dan page rank mereka sebagai tanda bukti ramainya pengunjung toko online tersebut dan pastikan ada email dan nomor telp yang bisa dihubungi.

#2. Berbelanja di situs yang menjamin keamanan para pembeli, adanya privacy policy dan syarat dan kondisi di situs tersebut dan perlu dibaca. Agar terhindar dari berbagai penipuan berupa phising dan pharming.

#3. Baca dan kenali dengan detail produk yang ingin anda beli, karena ada sebagian perusahaan toko online tidak mau return kalau sudah shipping ke alamat pembeli. Agar tidak kecewa dengan produk dan jasa yang anda beli pastikan produk tersebut benar-benar pas dengan pilihan anda. Dan hitung juga biaya shipping (pengiriman) dari lokasi penjual dengan lokasi anda jadi harga produk ditambah harga pengiriman, karena biasanya harga pengiriman ditanggung pembeli, walaupun ada sebagian yang menawarkan free shipping. 

#4.  Gunakan alat pembayaran yang tersedia di toko online tersebut. Biar ngga ribet, gunakan sesuaikan dengan alat pembayaran yang tersedia di toko online tersebut, seperti kartu kredit, transfer atau lebih aman gunakan  PayPal, Karena Paypal adalah system pembayaran online dengan cepat dan aman hanya dengan menggunakan akun email. Dan lakukan konfirmasi kalau sudah melakukan transaksi agar proses shipping segera dilakukan.

#5. Berbelanjalah dengan bijak. Sesuaikan budget dengan  kebutuhan anda. Jangan Marukk, alias berlebih-lebihan, Tuhan tidak suka hal yang berlebih-lebihan)

Mulai sekarang, kenali produknya, kenali cara pembayarannya, kenali cara pengirimannya, Ingat 5 Tips berbelanja Online dengan Aman.
The Last.. Happy Shopping!  

Baca juga trend belanja Online
5 Tips Belanja Online Dengan Aman
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.