Minggu, Juni 23, 2013

15 Produk Google yang paling penting buat Blogger

15 Produk Google yang paling penting buat Blogger

Google Bagi blogger, baik newbie mau pun fulltime blogger, produk Google adalah sahabat blogger. Banyak produk Google yang mampu mengoptimalisasikan blog para blogger. Selain untuk kepentingan performance blog ini juga sangat penting untuk kepentingan SEO Blog yang anda kelola. Maka jangan pernah Anda abaikan 15 Produk Google ini. Adapun 15 produk Google yang paling penting buat blogger yaitu :

1.  Gmail
Layanan ini adalah layanan email gratis, atau dikenal juga dengan Google Mail. dan layanan ini sangat menolak keras spam. Adapun storage atau disediakan oleh google sebesar 7 GB dan semakin bertambah. Dan semua ini bisa didapatkan gratis. Dan penggunaan gmail adalah langkah awal buat blogger untuk menggunakan produk service yang lain dengan account gmail yang sudah ada.

2.  Blogger
Para user sangat dimanjakan google untuk melakukan blogging, yaitu menyediakan blogger yang biasa kita gunakan yang berdomain akhir blogspot.com. Platfotm blogger digunakan untuk ngeblog dan terintegrasi dengan beberapa layanan yang lain sehingga sangat memudahkan blogger.

Tool berbasis web ini membantu pemilik blog dan podcaster untuk mengorganisir RSS dan menganalisis blog anda salah satunya dari jumlah subscriber yang membaca blog anda. Feedburner juga memungkinkan untuk melakukan monetisasi melalui pilihan advertising system Feedburner.

Servis ini untuk pencarian blog yang relevan dengan blog yang kita cari atau sekedar surfing blog-blog yang menjadi inspirasi untuk menulis blog.

Google CSE merupakan layanan yang disediakan Google kepada penggunanya untuk mengkustomisasi pencarian Google yang utamanya menentukan halaman-halaman website mana yang akan masuk dalam hasil pencariannya.

Layanan ini sudah tidak asing lagi, setiap waktu saat online kita sudah menggunakan layanan ini. karena Google Search adalah the best search engine saat ini.

layanan gratis dari Google untuk menciptakan statistik pengunjung blog anda secara mendetail. GA lebih ditujukan kepada marketer yang ingin menganalisa trafik blog mereka untuk keperluan marketing. Analitik dapat melacak seluruh pengunjung dari semua referrer termasuk search engine, advertising, jaringan PPC dan yang lainnya. Fungsinya anda bisa menggunakan google analytics untuk menganalisa trafik blog anda dan menentukan langkah marketing blog anda selanjutnya.

Mempermudah blog anda dengan fitur social seperti registrasi, invitasi, galeri member dari blog anda, posting pesan dan komentar author. Kegunaanya sebagai tool yang bagus untuk membangun komunitas pembca bagi blog anda.

Dan produk google yang satu ini juga sangat membantu blogger untuk menerjemahkan blog mereka atau blog yang lain yang dianggap menarik jika tidak memiliki kemampuan bahasa dengan baik, dan dengan service ini blogger bisa membuat widget terjemahan untuk meningkatkan traffic pengunjung dari berbagai negara.

Untuk menulis blog dengan keyword yang sedang trend, maka Google trend lah dipakai untuk meriset keyword untuk meraup banyak visitor ke blog anda, karena keyword yang anda telah riset melalui trend sangat banyak dicari atau diperbincangkan di internet.

Tool ini untuk mensubmit, meningkatkan, statistik dan diagnosa situs. Google analytis termasuk kedalam jajaran google webmaster tools ini. Kegunaannya untuk menganalisa semua informasi yang terkait dengan blog anda baik trafik pengunjung, maupun analisa untuk keperluan SEO.

Nah ini dia produk google yang sangat digemari baik newbie maupun senior, baik individu maupun corporate. Periklanan google dengan sistem Pay-Per-Click ataupun AdSense for Search. Pemilik blog yang telah approve bisa memasang iklan unduk mendapatkan pemasukan dari setiap iklan yang di klik visitor.

Google AdWords adalah kebalikan dari google adsense dimana sang pemilik blog yang memasang iklan pada jaringan advertising google. Kegunaannya jika sudah saatnya anda melakukan promosi marketing untuk blog anda melalui iklan, google adwords bisa menjadi salah satu medianya.

Google Alerts adalah update-update email dengan hasil yang sangat relevan berdasarkan topic yang anda pilih. Jadi misalkan anda ingin mendapat alert tentang hal seputar blogging atau copywriting dari google, google alerts bisa memberi tahu anda hal-hal baru yang terjadi dengan topik relevan. Untuk tujuan marketing, Google alerts juga bisa membantu anda memberi tahu keyword-keyword yang sangat relevan dengan keinginan anda. Kegunaanya anda bisa menghasilkan tulisan dengan keyword yang sesuai trend yang berkembang.

Yang ke –15 adalah Youtube , bagi saya ini adalah hal yang penting untuk mempromosikan blog melalui video.

Dan ada satu lagi tambahan untuk Anda para blogger, yaitu Google Plus, anda bisa membuat widget Google Plus Follower di blog Anda, produk Google yang satu ini akan membantu SEO blog anda, dan SERP di mesin pencari.  
Kalau sudah mengoptimalkan semua layanan ini pasti blog anda menjadi blog yang digemari. Mungkin ada yang mau menambahi produk yang penting bagi blogger?? Silahkan di post commentnya..:)
15 Produk Google yang paling penting buat Blogger
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 comments:

Tulis comments
avatar
29 Mei 2016 14.49

wah...ulasannya sangat menarik

Reply