Senin, November 23, 2009

Ibrahim AS

Ibrahim AS

Kurban Kisah Nabi Ibrahim Alaihissalam diabadikan dalam Alqur’an tentang ketaatannya dalam menjalankan perintah Allah SWT. Kecintaan, keimanan dan ketaatan Nabi Ibrahin kepada Allah SWT jauh lebih besar daripada kecintaannya terhadap anak, istri, harta, bahkan dunia dan seisinya.

Sejarah Nabi Ibrahim tentang qurban ketika beliau berusia 100 tahun belum dikaruniai seorang anak pun, dan setelah menikahi Siti Hajar barulah dikaruniai anak yang diberi nama Ismail. Dari kisah Ibrahim AS, Siti Hajar dan Ismail lah Ibadah rutin yang dilakukan setiap bulan Zulhijjah di kota-kota dimana kejadian tersebut berlangsung yaitu ibadah haji.

Qurban bukan hanya dilakukan di zaman Nabi Ibrahim saja melainkan di zaman Nabi Adam AS yaitu kedua anaknya antara Habil dan Qabil. Kekayaan yang dimiliki oleh Qabil mewakili kelompok petani, sedang Habil mewakili kelompok peternak. Saat itu sudah mulai ada perintah, siapa yang memiliki harta banyak maka sebagian hartanya dikeluarkan untuk qurban. Dan di Zaman Nabi Muhammad SAW pun perintah berqurban itu turun dalam ahkhir surat Al-Kautsar.

Kejadian tersebut bukan hanya sekedar catatan sejarah namun sudah menjadi sebuah ibadah dalam rukun islam untuk menunaikan Haji dan berqurban. Banyak Hikmah dibalik  pelaksanaan qurban tersebut, Ada keikhlasan dan ketulusan, Kesabaran, Ketaatan, Pengorbanan, dan Keimanan. Bagi yang mampu berkurbanlah. Selamat berkurban!!
Ibrahim AS
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.