Minggu, Juli 07, 2013

Ramadhan Coming Soon!

Ramadhan Coming Soon!

"Barang siapa yang merasa gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah mengharamkan jasadnya disentuh api neraka." Hadist
Alhamdulillah kita masih bertemu Ramadhan Tahun ini. Dalam hitungan jam ke depan kita akan memasuki Ramadhan, bulan yang penuh rahmat, ampunan dan kita harus bersyukur kita masih akan dipertemukan dengan bulan yang penuh rahmat ini. Dari Hadist diatas jelas lah bahwa janji Rasulullah SAW kepada umatnya kepada siapa saja yang gembira akan datangnya bulan Ramadhan akan dijanjikan reward yaitu dijauhkan jasadnya dari api neraka.


Puasa Ramadhan
Ada yang menarik tentang menyambut bulan suci Ramadhan, konon dahulu kala Arab Islam Quraisy dalam menyamput bulan Ramadhan mempunyai tradisi yang unik dalam menyambut Ramadhan Mubarak, seperti yang di jelaskan guru agama saya dulu 14 tahun yang lalu dimana Arab Islam Quraisy memiliki tradisi dan kultur dalam menyambut bulan Ramadhan, mereka mempersiapkan bahan pokok selama sebulan penuh khusus untuk bulan Ramadhan, sebelum masuk 1 Ramadhan mereka telah mempersiapkan bahan pokok kebutuhan selama puasa berlangsung, mereka membeli gandum untuk sebulan, gula, kahwah (kopi), laban (Susu), kurma, zaitun dan bahan pokok lainnya. 

Persiapan menyambut Ramadhan ini mereka lakukan dengan gembira, kegembiraan mereka yaitu dengan mempersiapkan bahan makanan selama puasa, tradisi ini dilakukan untuk menjalankan bulan Ramadhan lebih fokus hanya untuk beribadah kepada Allah, dan kalau melakukan pembelian atau belanja di pasar saat puasa berlangsung akan dapat mengurangi pahala puasa mereka. Lebih rinci guru saya menceritakan mereka benar-benar mempersiapkan Ramadhan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan takut setiap detik yang mereka lalui sia-sia tanpa ibadah, karena dalam bulan Ramadhan amalan sunnah akan dianggap oleh Allah sebagai pahala wajib, dan mereka menghabiskan waktunya untuk membaca Alqur’an, hifzil qur’an, mempelajari tentang keislaman, i’tikaf dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Begitulah kegembiraan Arab Islam Quraisy dalam menyambut bulan Ramadhan, dan tidak ubahnya seperti ingin berperang dan mempersiapkan bahan stok logistik selama pertempuran berlangsung, mungkin ada benarnya persiapan menyambut Ramadhan mereka itu dikaitkan dengan perang, karena dahulu Rasulullah SAW setelah perang Badar pernah bersabda kepada didepan para sahabat usai perang Badar, Rasullullah menyatakan perang Badar adalah perang kecil, dan para sahabat pun bingung karena selama perang di zaman Rasulullah perang Badar lah yang paling dahsyat, dan seorang dari sahabat bertanya kepada rasulullah tentang perang apa yang paling besar itu, dan Rasulullah pun menjelaskan perang melawan hawa nafsu. Mungkin, dari situlah muncul suatu kebiasaan kaum arab untuk mempersiapkan Ramadhan dengan sebaik-baiknya karena Ramadhan adalah perang melawan hawa nafsu.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mempersiapkan atau menyambut Ramadhan dengan suka cita dimana bulan yang didalamnya terdapat malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Kalau sudah bersiaplah untuk berperang melawan hawa nafsu dan mengisi Ramadhan dengan lebih baik dari Ramadhan kemarin untuk mendapat kemenangan di yaumil haflah di Syawal yang fitri dan mendapat reward berupa title Taqwa yang dijanjikan oleh Allah dalam Surah Al-baqarah 183. 

Selain mengharapkan Reward Taqwa, Puasa Ramadhan adalah bulan introspeksi diri, refleksi diri kita terhadap komitmen kita kepada Allah SWT. 
imuzcorner mengucapkan Selamat Berpuasa!!
Ramadhan Coming Soon!
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.