Rabu, Juni 17, 2009

Link Exchange ala Professional Webmaster

Link Exchange ala Professional Webmaster

Link Exchange Teman-teman blogger mungkin sudah familiar dengan dengan dua kata ini “link exchange” alias tukeran link. Bukan hanya blogger newbie or senior melakukan hal ini,  tapi webmaster professional pun melakukan yang namanya link exchange, baik untuk business blog maupun corporate blog.  karena inilah salah satu cara untuk menaikkan ranking di search engine, selain internal dan external linking, atau sering disebut sebagai off-page optimization.

Kalau yang biasa kita lakukan adalah saling tukeran link blog kita baik itu berupa banner atau hanya sekedar link blog dengan text ataupun description blog kalau tidak kepanjangan, dan diletakkan diblog yang saling menukar link. Nah begitulah link exchange dilakukan para blogger yang biasa dilakukan oleh newbie begitu juga saya. Page rank mereka memang naik tapi sidebar mereka dipenuhi dengan link-link sahabat blogger lainnya. Dan sangat tidak professional kalau blog kita blog komersial yang mengandalkan pay per sale or lead dipenuhi dengan link-link yang tidak relevant dengan blog kita dan link-link yang “menyampah” dan sangat mengurangi trust dari visitor untuk membeli dari blog kita. Nah bagaimana webmaster melakukan link exchange??

Dua hari yang lalu saya mendapat email dari seorang webmaster, dan dia meminta tukeran link, so saya tanya : “Where you get my email address?” saya tanya begitu saya takut spamming, so dia jawab dia menemukan di “whois lookup” salah satu cara untuk menemukan siapa dibalik nama domain tersebut, kebetulan blog yang diajak tukeran link adalah blog saya tentang iPhone dan blog sang webmaster tadi adalah blog tentang mobile marketing. so its relevant saya pikir. Setelah itu saya jawab its ok, I don’t mind if you want to link exchange with my blog. Lalu saya buat url yang mau di exchange dan text link nya dan description blognya. So kesepakatan itu terjadi dan saling menginformasikan kalau sudah di add diblog. Setelah saya memasukkan link nya diblog saya dan saya email ke dia bahwa blog nya sudah di add dan beberapa jam kemudian dia menginformasikan bahwa link saya sudah di add juga. Dan mau tahu email terakhir dari sang webmaster ;
Thanks for the exchange.
Your site has been added here
http://www.entertainmentonmobile.com/mobile-entertainment/iPhone/mobile-iphone-1.php
If you have more sites related with cellular and technology please let me know.

Ternyata dia memasukkan link blog saya di blog diatas dan bukan pada blog (link) yang saya  add di blog saya. Saya kira fear lah..yang penting ada exchange terjadi dan relevant dengan blog saya.
So bisa ditarik kesimpulan bahwa link exchange juga harus sesuai (relevant) dengan blog yang ingin kita tukar untuk kepentingan page rank (seberapa penting blog kita di mata robot SE). Beginilah sang webmaster melakukan link exchange untuk mempopulerkan blog yang mereka prioritaskan untuk bisnis or komersil. Kalau mau buat blog bisnis cobalah trick tips ini biar ada trust dan punya traffic yang menjual.
Mungkin kamu tertarik membaca artikel lain tentang Google Ranking.
Link Exchange ala Professional Webmaster
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.